Kasus Jamal Khashoggi dilimpahkan ke pengadilan Arab Saudi./AFP
Kasus Jamal Khashoggi dilimpahkan ke pengadilan Arab Saudi./AFP

Jaksa Turki Tangguhkan Persidangan Khashoggi, Dilimpahkan ke Arab Saudi

Marcheilla Ariesta • 01 April 2022 07:31
Ankara: Jaksa penuntut Turki yang menangani kasus 26 warga Arab Saudi yang didakwa membunuh jurnalis Jamal Khashoggi memerintahkan agar persidangan secara in absentia ditangguhkan pada Kamis, 31 Maret 2022. Kasus tersebut akan dipindahkan prosesnya ke Arab Saudi.
 
Laman Anadolu melaporkan, panel hakim belum membuat keputusan atas permintaan tersebut.
 
"Namun, mereka memutuskan mengirimkan sebuah surat ke Kementerian Kehakiman Turki untuk meminta pendapat tentang kemungkinan transfer data ke otoritas kehakiman Arab Saudi," kata kantor berita Turki itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Permintaan jaksa datang saat Turki berusaha menormalkan hubungan mereka dengan Arab Saudi. Sejak kasus pembunuhan Khashoggi yang terjadi di Turki, hubungan kedua negara menegang.
 
Pembunuhan Khashoggi memicu kecaman internasional. Putra Mahkota Saudi, Mohammed bin Salman dicurigai terlibat atas pembunuhannya.
 
Baca juga: Arab Saudi Bantah Warganya Ditangkap di Prancis Terkait Pembunuhan Khashoggi
 
Pasalnya, Khashoggi kerap menuliskan artikel yang mengkritik Kerajaan. 
 
Khashoggi yang merupakan seorang warga negara Arab Saudi yang merupakan penduduk Amerika Serikat mengunjungi konsulat Arab Saudi di Istanbul pada 2 Oktober 2018.
 
Pihak berwenang Turki mengatakan, jurnalis itu dibunuh oleh tim agen Arab Saudi yang terbang ke Turki untuk menemui Khashoggi di dalam konsulat. Mereka yang diadili secara in absentia termasuk dua mantan pembantu sang putra mahkota Saudi.
 
Semua terdakwa telah meninggalkan Turki dan Arab Saudi menolak tuntutan Turki untuk ekstradisi mereka. Beberapa orang telah diadili di Riyadh secara tertutup. 
 
Anggota keluarga Khashoggi kemudian mengumumkan, mereka telah memaafkan para pembunuh itu.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif