Prajurit Nigeria berjalan di lokasi bekas kilang minyak ilegal yang sudah dihancurkan di dekat Port Harcourt, 19 April 2017. (STEFAN HEUNIS / AFP)
Prajurit Nigeria berjalan di lokasi bekas kilang minyak ilegal yang sudah dihancurkan di dekat Port Harcourt, 19 April 2017. (STEFAN HEUNIS / AFP)

Korban Ledakan di Kilang Minyak Ilegal Nigeria Lampaui 100 Orang

Internasional kilang minyak ledakan nigeria nigeria
Willy Haryono • 24 April 2022 20:03
Abuja: Jumlah korban tewas dalam ledakan di sebuah kilang minyak ilegal di Nigeria bertambah melampaui 100 orang setelah sebelumnya dikabarkan berada di kisaran 50. Ledakan terjadi di sebuah kilang minyak yang berlokasi di antara negara bagian Rivers dan Imo, Nigeria.
 
"Kebakaran berujung ledakan terjadi di kilang minyak ilegal, berimbas kepada lebih dari 100 orang yang terbakar hebat hingga tak dapat dikenali lagi," kata komisaris sumber daya minyak negara bagian Imo, Goodluck Opiah, dikutip dari laman Guardian, Sabtu, 24 April 2022.
 
Pusat Advokasi Pemuda dan Lingkungan Hidup Nigeria mengatakan bahwa sejumlah kendaraan yang tengah mengantre untuk membeli minyak ilegal di lokasi kejadian turut terbakar dalam ledakan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kilang minyak ilegal itu berada di area terpencil di antara dua perbatasan, yang sengaja dibangun di sana untuk menghindari inspeksi pemerintah.
 
Baca:  Lebih dari 50 Orang Tewas dalam Ledakan di Kilang Minyak Ilegal Nigeria
 
Pengangguran dan kemiskinan di wilayah Niger Delta telah membuat kilang minyak ilegal sebagai bisnis menjanjikan, namun dengan konsekuensi mematikan. Minyak mentah dalam bisnis ini diambil dari jaringan pipa milik perusahaan-perusahaan besar untuk kemudian diproses dan dimasukkan ke tangki khusus.
 
Proses pengambilan minyak ilegal tersebut berpotensi memicu insiden fatal, yang juga telah mencemari ingkungan sekitar dengan banyaknya tumpahan minyak di area persawahan, sungai, danau dan lainnya.
 
Oktober lalu, setidaknya 25 orang tewas dalam ledakan di sebuah kilang minyak ilegal di negara bagian Rivers. Dari total korban tewas, beberapa di antaranya adalah anak-anak.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif