Korban tewas akibat protes di Iran. Foto: AFP
Korban tewas akibat protes di Iran. Foto: AFP

Garda Revolusi Sebut Lebih dari 300 Tewas dalam Kerusuhan Iran

Fajar Nugraha • 29 November 2022 20:05
Teheran: Laporan menyebutkan, lebih dari 300 orang telah tewas di Iran sejak protes meletus atas kematian Mahsa Amini dalam tahanan polisi moralitas pada 16 September. Angka itu tersebut diungkapkan oleh seorang jenderal Garda Revolusi Iran, Selasa 29 November 2022.
 
"Semua orang di negara ini telah terpengaruh oleh kematian wanita ini. Saya tidak memiliki angka terbaru, tapi saya pikir kami mungkin memiliki lebih dari 300 martir dan orang yang terbunuh di negara ini, termasuk anak-anak, sejak kejadian ini," ujar Brigadir Jenderal Amirali Hajizadeh, Kepala Divisi kedirgantaraan Garda, mengatakan dalam sebuah video yang diterbitkan oleh kantor berita Mehr, seperti dikutip, AFP.
 
“Korban termasuk puluhan polisi, tentara dan milisi yang tewas dalam bentrokan dengan demonstran atau dibunuh,” jelasnya.
 
Namun angka korban resmi terbaru menurut Lembaga Iran Human Rights dengan angka setidaknya 416 terbunuh dalam kekerasan dalam protes di Iran.
 
Kelompok itu mengatakan, jumlah korbannya termasuk mereka yang tewas dalam kekerasan terkait protes Amini dan kerusuhan di provinsi tenggara Sistan-Baluchistan.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING
TERKAIT

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif