Kreasi bisnis daur ulang kaca. Foto: Dok/Metro TV
Kreasi bisnis daur ulang kaca. Foto: Dok/Metro TV

Kreasi Bisnis Daur Ulang dari Kenya

MetroTV • 12 Maret 2022 00:24
Kenya: Selama lebih dari 30 tahun sebuah perusahaan di Kenya bernama Anselm Kitengela Hot Glass terus menghasilkan kerajinan dari kaca dan membuka lowongan pekerjaan bagi warga setempat. Sempat terhalangi pandemi, namun mereka berinovasi bisnis menjadi tempat wisata edukasi. Dimana para pengunjung dapat menyaksikan para pengrajin bekerja membuat kerajinan kaca.
 
Pembuatan kerajinan dilakukan dengan memanfaatkan bahan daur ulang yang ada hingga tak tersisa. Bisnis yang berfokus pada daur ulang kaca bening dan kaca hijau kemudian diolah menjadi barang pecah belah, seni kaca, dan perhiasan.
 

Pendiri Kiteangela Hot Glass, Anselm Croze mengatakan, membuat kerajinan seperti ini dibutuhkan banyak keterampilan serta konsentrasi penuh dari pekerja. Selain itu, lebih murah membuat produk dari kaca daur ulang dibandingkan dengan membeli bahan baku baru.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Jika Anda mendaur ulang kaca, itu lebih murah daripada benar-benar membuat kaca dari awal karena Anda hanya perlu melelehkannya," kata Anselm dalam tayangan Newsline di Metro TV, Jumat, 11 maret 2022.
 
Kitengela Hot Glass by Anselm telah membangun namanya untuk menjadi contoh dalam bisnis daur ulang kaca di Benua Afrika dan hal ini menjadikannya wisata populer di Kenya. (Paulina Wijaya)
 
(MBM)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif