PM Lebanon Hassan Diab. (Foto: AFP)
PM Lebanon Hassan Diab. (Foto: AFP)

PM Lebanon Wacanakan Pemilu Dini untuk Atasi Krisis

Internasional Ledakan Lebanon
Willy Haryono • 09 Agustus 2020 11:05
Beirut: Gelombang unjuk rasa masif melanda Lebanon usai terjadinya ledakan di Beirut pada Selasa lalu yang menewaskan sedikitnya 158 orang. Ledakan memperparah situasi di Lebanon, yang sudah dilanda krisis ekonomi dan juga pandemi virus korona (covid-19).
 
Dalam sebuah pidato di televisi, Perdana Menteri Hassan Diab mewacanakan pemilihan umum dini sebagai salah satu cara mengeluarkan Lebanon dari jurang krisis.
 
"Kita tidak dapat keluar dari krisis struktural ini tanpa menggelar pemilu parlemen secara dini," kata Diab, dilansir dari laman BBC, Minggu 9 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia mengatakan wacana pemilu dini ini akan didiskusikan dalam rapat kabinet pada Senin besok. Nantinya, ia akan mengenalkan sebuah aturan baru yang memungkinkan berlangsungnya pemilu dini.
 
Selain itu, Diab mengaku akan tetap bertahan di pemerintahan selama dua bulan, sebelum nantinya partai-partai besar dapat mencapai sebuah perjannjian.
 
Pidato Diab disampaikan saat ratusan demonstran menyerbu sejumlah gedung kementerian di Beirut. Salah satu yang diduduki pengunjuk rasa adalah Kementerian Luar Negeri Lebanon.
 
Polisi menembakkan gas air mata ke arah para pengunjuk rasa. Suara tembakan senjata api juga terdengar dari lapangan Martyrs' Square di ibu kota.
 
Banyak warga Lebanon marah kepada pemerintah yang dinilai gagal mencegah terjadinya ledakan di sebuah gudang di area pelabuhan Beirut. Ledakan tersebut berasal dari 2.750 ton amonium nitrat yang sudah tersimpan di gudang selama enam tahun.
 
Penyerbuan ke sejumlah gedung kementerian dimulai usai sekelompok orang meneriakkan slogan anti-pemerintah. Membakar foto Presiden Lebanon Michel Aoun, mereka menyerukan agar semua gedung kementerian diduduki.
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif