Pemerintah Burkina Faso memerangi kelompok terafiliasi al-Qaeda dan ISIS selama bertahun-tahun. (Michele Cattani/AFP)
Pemerintah Burkina Faso memerangi kelompok terafiliasi al-Qaeda dan ISIS selama bertahun-tahun. (Michele Cattani/AFP)

Bus di Burkina Faso Terkena Ranjau Darat, Tewaskan 10 Warga Sipil

Willy Haryono • 27 Desember 2022 15:54
Ouagadougou: Sepuluh orang tewas dan sejumlah lainnya terluka saat bus mereka terkena ranjau darat di Burkina Faso bagian timur, menurut keterangan otoritas setempat pada Senin, 26 Desember.
 
Bus yang terkena ranjau diketahui sedang melaju dari kota Fada N'Gourma, sekitar 220 kilometer dari ibu kota Ouagadougou, ke kota Kantchari dekat perbatasan Niger.
 
"Kendaraan tersebut terkena ranjau darat saat sedang melaju di dekat desa Bougoui pada Minggu petang," kata gubernur regional Kolonel Hubert Yameogo, mengutip dari laporan Al Jazeera, Selasa, 27 Desember 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Para korban luka telah dibawa ke sebuah rumah sakit di Fada N'Gourma, kota utama di Burkina Faso bagian timur. Yameogo mengatakan, sejumlah penumpang tersisa menghilang usai kejadian.
 
Sejauh ini belum ada pihak yang mengeklaim bertanggung jawab atas pemasangan ranjau darat tersebut. Namun serangan terbaru terjadi di sebuah area di mana Pemerintah Burkina Faso sedang memerangi kelompok ekstremis terafiliasi al-Qaeda Afrika Utara (AQIM) dan Islamic State (ISIS).
 
Aksi kekerasan terkait al-Qaeda dan ISIS telah mengguncang Burkina Faso selama lebih dari enam tahun. Konflik ini telah menewaskan ribuan orang dan membuat hampir dua juta orang telantar di negara sendiri.
 
Lemahnya sepak terjang Pemerintah Burkina Faso dalam menangani ekstremisme berujung pada dua kudeta tahun ini, dengan masing-masing pemimpin kudeta menjanjikan keamaman sebagai sektor prioritas.
 
Kendati begitu, serangkaian serangan masih terjadi di banyak wilayah di Burkina Faso. Serangan terbaru pada Minggu kemarin terjadi satu hari usai sebuah ranjau meledak di wilayah timur, antara Ougarou dan desa-desa Matiacoali.
 
Baca:  Balas-balasan Kudeta di Burkina Faso, Nih Dia Pemenangnya
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun Google News Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif