Anak-anak di Gaza menggunakan masker mencegah wabah virus korona. Foto: AFP
Anak-anak di Gaza menggunakan masker mencegah wabah virus korona. Foto: AFP

Rakyat Palestina dalam Hadapi Keputusasaan Mendalam

Internasional palestina Virus Korona palestina israel UNRWA
Fajar Nugraha • 13 Oktober 2020 18:07
New York: Pimpinan lembaga PBB yang mengurusi pengungsi Palestina mengatakan, rakyat Palestina menghadapi keputusasaan mendalam. Mereka menghadapi masalah ganda termasuk pandemi covid-19 dan kemiskinan.
 
Baca: UNRWA: Warga Gaza Mengais Sampah untuk Mencari Makanan.
 
Komisaris Jenderal TheUnited Nations Relief and Works Agencyfor Palestine Refugees in the Near East (UNRWA),Philippe Lazzarini menyebutkan, di Gaza banyak warga yang mengais sampah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Lebih banyak orang berjuang untuk menyediakan satu atau dua makanan sehari untuk keluarga mereka,” ujar Lazzarini, dalam pernyataannya, dikutip dari situs UN, Selasa 13 Oktober 2020.
 
“Penduduk Gaza memilah-milah sampah untuk mencari makanan di tengah melonjaknya kemiskinan yang disebabkan oleh pandemi Covid-19 dan blokade Israel-Mesir selama 13 tahun yang melumpuhkan,” tegas Lazzarini.
 
Lazzarini mengatakan kepada Guardian bahwa "ada keputusasaan dan keputusasaan" tidak hanya di Gaza tetapi di seluruh Palestina dan diaspora pengungsi Palestina di negara-negara tetangga dan sekitarnya.
 
Sebelumnya pada Senin 12 Oktober 2020, Lazzarini menyampaikan laporan tahunan UNRWA kepada Sidang Umum PBB. Di dalamnya, dia mencatat peningkatan dramatis infeksi covid-19 di antara pengungsi Palestina. Kasus telah melonjak dari 200 di Juli menjadi lebih dari 10.000 hari ini.
 
"Di luar krisis kesehatan, covid-19 juga melepaskan pandemi brutal kemiskinan parah yang membuat pengungsi Palestina merasa putus asa," kata Lazzarini.
 
Read All



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif