Ferdinand Marcos Jr memimpin dalam survei pemilu di Filipina. Foto: AFP
Ferdinand Marcos Jr memimpin dalam survei pemilu di Filipina. Foto: AFP

Pemilu Filipina: Popularitas Capres Nomor Wahid

Internasional politik filipina filipina Pemilu Filipina Ferdinand Marcos Jr Leni Robredo
Marcheilla Ariesta • 09 Mei 2022 09:07
Manila: Senin, 9 Mei 2022 menjadi hari penting bagi Filipina, di mana kursi panas presiden akan diisi sosok baru. Anak mantan diktator yang digulingkan akibat korupsi untuk sementara ini unggul dalam polling jajak pendapat, bersaing ketat dengan wakil presiden. 
 
Kepopuleran ayahnya membuat Ferdinand 'Bongbong' Marcos Jr dielu-elukan untuk jadi pemimpin Filipina berikutnya, menggantikan Rodrigo Duterte. 35 tahun lalu, diktator Ferdinand Marcos Sr. lengser dari puncak kepemimpinan Filipina. Sejak saat itu, klan Marcos terus berupaya untuk kembali berkuasa di Filipina. Ambisi mereka kemungkinan besar terwujud dalam pemilu Filipina tahun ini. 
 
Bongbong memulai karier politiknya pada tahun 1980 ketika ayahnya masih berjaya. Dia saat itu menjadi pemimpin daerah di Provinsi Ilocos Norte yang merupakan basis politik klan Marcos. Namun, karir politiknya sempat terhenti karena keluarganya terusir dari Filipina pada 1986. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Bongbong pulang ke Filipina setelah ayahnya meninggal pada 1989. Dia lalu membangun kembali karir politiknya di Provinsi Ilocos Norte. Pada 2010-2016, Bongbong memasuki panggung nasional dengan menjadi senator. 
 
Pada pemilihan presiden sebelumnya, Bongbong ikut bertarung memperebutkan posisi wakil presiden. Dia saat itu kalah dengan selisih yang sangat tipis.  
 
Ia 'menggandeng' Sara Duterte-Caprio yang mau dipasangkan sebagai Wakil Presiden - yang pemilihannya juga terpisah. Duterte-Caprio adalah anak presiden saat ini, Rodrigo Duterte yang diunggulkan karena kepopuleran sang ayah. 
 
Duterte-Carpio sebelumnya disiapkan sebagai calon presiden oleh ayahnya. Wali Kota Davao tersebut secara mengejutkan lebih memilih menjadi pasangan Marcos di menit-menit terakhir. 
 
Dengan menggaet Duterte-Carpio, Bongbong menghilangkan saingan terkuatnya. Sebelumnya, Duterte-Carpio selalu menempati peringkat teratas survei. 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif