Kapal Induk Rusia Tertimpa Derek, Satu Pekerja Hilang
Insiden terjadi di satu-satunya kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov. (Foto: AFP).
Murmansk: Satu-satunya kapal induk Rusia, Admiral Kuznetsov, mengalami kerusakan setelah dok apung roboh lalu tenggelam dan derek jatuh ke atas deknya. Empat pekerja terluka parah dan satu lainnya masih hilang sesudah kecelakaan itu.
 
Menurut kantor berita Rusia, TASS kapal telah ditarik ke dermaga Sevmorput No 35 terdekat. Investigasi kriminal telah diadakan.
 
"Pemadaman listrik disalahkan atas insiden di kota utara Murmansk ini. Kejadian itu juga menimbulkan lubang empat hingga lima meter di kapal di atas permukaan air," pernyataan pihak Angkatan Laut Rusia, kepada kantor berita Interfax, yang dikutip Sky News, Rabu 31 Oktober 2018.
 
Insiden ini akan menjadi pukulan besar bagi Angkatan Laut Rusia setelah upaya meningkatkan kemampuan kapal induknya yang sudah tua.
 
Kuznetsov secara global diejek sebagai 'kuno dan bobrok', setelah munculnya gambar kapal itu diselubungi asap hitam tebal dalam pelayaran ke Suriah. Dua pesawatnya jatuh dari dek selama perbaikan, menambah rasa malu Moskow.
 
Kapal sedang mengalami perbaikan besar-besaran di Murmansk ketika insiden itu terjadi. Setelah perbaikan, kapal itu bisa kembali dilayarkan pada 2021, tetapi sekarang tampaknya tak terhindarkan jadwal itu akan ditunda.
 
Admiral Kuznetsov menyorot perhatian ketika berlayar melalui Selat Dover dalam perjalanan ke Suriah pada 2016. Mantan Menteri Pertahanan Inggris Michael Fallon menepisnya sebagai 'kapal memalukan' yang 'menambah kesengsaraan rakyat Suriah'.
 
Meskipun tampak usang dibandingkan dengan kapal induk bertenaga nuklir Amerika Serikat, dengan turbinnya yang mengepulkan asap hitam, kapal itu memungkinkan Kremlin memproyeksikan kekuatan laut Rusia.



(FJR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id