Aktivitas di Bandara Heathrow, London, Inggris, 19 Desember 2019. (Foto: AFP/POOL/NIKLAS HALLE'N)
Aktivitas di Bandara Heathrow, London, Inggris, 19 Desember 2019. (Foto: AFP/POOL/NIKLAS HALLE'N)

Bandara London Kembali Terganggu oleh Penerbangan Drone

Internasional kerajaan inggris drone
Arpan Rahman • 09 Januari 2019 17:53
London: Aktivitas Bandara Heathrow di London, Inggris, kembali terganggu oleh penerbangan sebuah pesawat tanpa awak atau drone. Akhir Desember tahun lalu, penampakan drone juga membuat Bandara Gatwick di London sempat ditutup untuk sementara waktu.
 
Selang satu jam, penerbangan datang dan menuju Heathrow kembali dilanjutkan usai polisi menemukan sebuah drone yang memicu gangguan.
 
Juru bicara Heathrow mengatakan penghentian sementara penerbangan merupakan "langkah antisipasi" untuk "mencegah adanya berbagai bentuk ancaman terhadap keselamatan operasional." Heathrow mengaku berkoordinasi dengan Menara Pengawas Lalu Lintas Udara dan Kepolisian Metropolitan Inggris mengenai insiden ini.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami terus mengawasi situasi terkini, dan meminta maaf kepada semua penumpang yang terkena imbas gangguan ini," ujar jubir Heathrow, seperti dikutip dari laman BBC, Selasa 8 Januari 2019.
 
Baca:Diganggu Drone, Bandara di London Terpaksa Ditutup
 
Sebelum penerbangan di Heathrow dilanjutkan, Menteri Transportasi Inggris Chris Grayling mengatakan telah berkoordinasi dengan pihak bandara mengenai penampakan drone. Ia juga telah berbicara dengan Menteri Dalam Negeri dan Pertahanan.
 
Seorang juru kamera BBC, Martin Roberts, mengaku sempat melihat sebuah drone saat mengemudi dekat Heathrow pada Selasa, pukul 17.45 waktu setempat. "Saya dapat melihatnya, sekitar 90 meter di udara. Objek itu sangat terang, mengeluarkan cahaya merah dan hijau," kata dia.
 
"Saya yakin itu drone dan bukan helikopter, karena benda semacam itu memancarkan sinar yang unik," lanjut dia.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif