Mahkota Duri. (Foto: AFP)
Mahkota Duri. (Foto: AFP)

Mahkota Kuno Berhasil Diselamatkan dari Kebakaran Notre Dame

Internasional Kebakaran Notre Dame
Sonya Michaella • 16 April 2019 11:39
Paris: Sejumlah barang berharga dilaporkan berhasil diselamatkan dari insiden kebakaran yang melanda Gereja Katedral Notre Dame di Paris, Prancis. Salah satunya adalah Mahkota Duri (Crown of Thorns) yang diyakini dipakai Yesus Kristus ketika disalibkan.
 
Dikatakan dalam Injil, Mahkota Duri itu dipasang di kepala Yesus setelah Dia disebut sebagai Raja Orang Yahudi sembari ia menggendong salib ke Bukit Golgota.
 
Dilansir dari laman CNN, Selasa 16 April 2019, disebut-sebut mahkota ini berasal dari Yerusalem. Belum ada yang benar-benar menyatakan apakah mahkota ini asli atau hanya replika.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mahkota itu dikeluarkan dan dipamerkan saat Jumat pertama setiap bulan serta Jumat saat masa puasa. Pada masa Pra-Paskah, yaitu Jumat Agung, mahkota ini juga akan dipamerkan.
 
Baca:Katedral Notre Dame: Ikon Historis dan 'Jiwa' Prancis
 
Katedral Katolik abad pertengahan ini merupakan salah bangunan bersejarah yang paling banyak dikunjungi di Eropa. Nama Notre Dame makin terkenal setelah masuk dalam novel karya Victor Hugo, ‘The Hunchback of Notre Dame'.
 
Katedral Notre Dame juga telah menjadi simbol identitas umat Katolik di Prancis selama lebih dari 850 tahun. Peletakkan batu pertama dilakukan pada 1163 oleh Paus Alexander III dan gereja ini selesai dibangun pada abad ke-13.
 
Puncak menara yang runtuh karena dilalap api dibangun pada abad ke-19. Terletak di Ile de la Cite di pusat kota Paris, Notre Dame juga menjadi destinasi wisata turis mancanegara, dengan 14 juta pengunjung setiap tahunnya.
 
Katedral Notre Dame juga sempat dijadikan lokasi upacara pemakaman Charles de Gaulle, seorang tokoh yang memimpin resistensi Prancis selama perang.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif