Seorang pria mencari anggota keluarganya di sebuah kota yang terkena imbas Siklon idai di Zimbabwe, 18 Maret 2019. (Foto: Zinyange Auntony/AFP/Getty Images)
Seorang pria mencari anggota keluarganya di sebuah kota yang terkena imbas Siklon idai di Zimbabwe, 18 Maret 2019. (Foto: Zinyange Auntony/AFP/Getty Images)

Inggris Akan Kirim 20 Ton Bantuan untuk Korban Siklon Idai

Internasional inggris siklon tropis Topan Idai
Arpan Rahman • 24 Maret 2019 16:16
London: Angkatan Udara Inggris (RAF) akan mengirim 20 ton bantuan kemanusiaan untuk menolong masyarakat di tiga negara Afrika bagian selatan yang dilanda Siklon Tropis Idai. Tiga negara tersebut adalah Mozambik, Zimbabwe dan Malawi.
 
Bantuan akan dikirim Inggris ke tiga negara tersebut dengan menggunakan pesawat A400 M Atlas. Dari ketiga negara, yang paling parah terkena dampak Siklon Idai adalah Mozambik.
 
"Inggris mendukung mereka yang terkena imbas Siklon Idai. Mitra-mitra global kami dapat mengandalkan angkatan bersenjata kami untuk memberikan bantuan. Itulah mengapa kami akan mengirim sebuah pesawat RAF untuk dengan (20 ton) bantuan," kata Menteri Pertahanan Inggris Gavin Williamson, seperti disiarkan dari laman Sky News, Minggu 24 Maret 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Korban tewas gabungan dari ketiga negara telah melampaui 700 orang, dan dikhawatirkan dapat terus bertambah hingga mencapai 1.000. Perserikatan Bangsa-Bangsa mengestimasi lebih dari 350 ribu orang masih berada dalam kondisi rentan karena banjir yang dipicu Idai belum surut.
 
Karena banyaknya wilayah yang terputus dari dunia luar, terutama di Mozambik, pesawat RAF akan menjadi moda transportasi ideal dalam menyalurkan bantuan kemanusiaan. Paket bantuan yang dikirim Inggris meliputi lentera bertenaga surya, pemurni air dan alat-alat perlindungan seperti tenda.
 
Menteri Pembangunan Internasional Inggris Penny Mordaunt mengatakan bahwa negaranya adalah salah satu yang pertama membantu tiga negara Afrika yang dilanda Siklon Idai. Ia juga mengklaim Inggris sejauh ini menjadi donor global terbesar terkait musibah Siklon Idai.
 
"(Siklon Idai) ini tak diragukan lagi merupakan bencana alam terbesar di kawasan, dan kami mendukung penuh semua korban," ungkap Mordaunt.
 
Nilai total bantuan Inggris untuk korban Siklon Idai mencapai GBP22 juta atau setara Rp416 miliar. Ratu dan Pangeran Inggris memberikan donasi pribadi untuk korban Idai, sementara masyarakat Inggris telah mengumpulkan GBP8 juta di 24 jam pertama usai DEC membuka penggalangan dana untuk membantu korban Idai.
 
Sementara itu, Kantor Koordinasi Urusan Kemanusiaan Perserikatan Bangsa-Bangsa atau UN OCHA menyebut angka final korban Idai di Afrika bagian selatan baru bisa diketahui saat banjir surut.
 
Sekitar 1,7 juta orang terkena dampak Siklon Idai, dan ratusan lainnya masih dinyatakan hilang.
 
Baca:PBB Khawatir Banyak Jasad Terendam Banjir di Mozambik
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif