PM Yunani Alexis Tsipras. (Foto: AFP)
PM Yunani Alexis Tsipras. (Foto: AFP)

PM Tsipras Mengaku Kalah di Pemilu Sela Yunani

Internasional politik yunani yunani
Willy Haryono • 08 Juli 2019 06:32
Athena: Perdana Menteri Yunani Alexis Tsipras mengaku kalah dalam pemilihan umum sela, Minggu 7 Juli. Ia mengaku menerima hasil pemilu meski jumlah suara yang dihitung baru berkisar 60 persen.
 
Sejumlah exit poll memperlihatkan Partai Demokrasi Baru yang dipimpin Kyriakos Mitsotakis meraih 39,7 persen suara, sementara Syriza di bawah PM Tsipras hanya 31,5 persen.
 
Ia mengaku telah menelepon Mitsotakis dan mengucapkan selamat. "Hari ini, dengan kepala tegak, kami menerima pilihan rakyat," kata PM Tsipras kepada awak media, dikutip dari laman BBC, Senin 8 Juli 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Membawa Yunani ke kondisi saat ini melibatkan banyak keputusan sulit yang harus dibayar dengan harga tinggi," lanjut dia.
 
Tempat pemungutan suara di seantero Yunani ditutup pada pukul 19.00 waktu setempat. Tingkat keikutsertaan warga dalam pemilu sela ini mencapai 57 persen.
 
Untuk meraih mayoritas di parlemen, suatu partai membutuhkan 151 dari total 300 kursi. Persentase tertinggi dari kelompok usia 18 hingga 24 tahun (30,5 persen) dalam pemilu sela di Yunani kali ini mendukung Partai Demokrasi Baru.
 
Menggunakan hak pilih secara teknis diwajibkan bagi semua warga, namun pemerintah tidak memaksakannya. Banyak warga Yunani memilih pergi ke pantai atau berdiam di rumah saat temperatur di beberapa wilayah di negara tersebut melampaui 35 derajat Celcius.
 
Baca:Warga Yunani Ikuti Pemilu Keenam Sejak Krisis 2008
 
PM Tsipras telah menyerukan pemilu sela setelah partainya mengalami kekalahan elektoral di level Uni Eropa pada Mei lalu. Dalam pemilu Eropa, Partai Demokrasi Baru meraih 33,11 persen suara, mengalahkan Syriza yang hanya meraup 23,78 persen.
 
Krisis global telah memicu rentetan dana talangan bagi Yunani, yang perekonomiannya merosot 28 persen antara 2008 dan 2016. Meningkatnya jumlah pengangguran saat krisis juga telah membuat banyak warga Yunani jatuh miskin.
 
Yunani telah menyelesaikan program dana talangannya pada Agustus tahun lalu. Perekonomian negara itu pun perlahan bangkit.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif