Batavia Madrigal Singers saat berlaga di Florillege Vocal de Tours. (Foto: Istimewa).
Batavia Madrigal Singers saat berlaga di Florillege Vocal de Tours. (Foto: Istimewa).

Membanggakan, Batavia Madrigal Singers Juara di Florillege Vocal de Tours

Internasional paduan suara
Marcheilla Ariesta • 04 Juni 2019 09:19
Tours: Paduan suara asal Indonesia kembali meraih prestasi membanggakan di forum internasional. Kali ini, Batavia Madrigal Singers (BMS) meraih juara pertama kategori Mixed Choir di kompetisi Florillege Vocal de Tours.
 
Tak hanya merebut posisi pertama, BMS juga memperoleh penghargaan Audience Award dan Best Staging Award.
 
Florilege Vocal de Tours merupakan salah satu perhelatan tahunan bergengsi di Prancis. Ajang ini mempertemukan kelompok paduan suara dunia yang memiliki tingkat artistik tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk mengikuti kompetisi tersebut, calon peserta dapat mendaftarkan diri. Peserta juga harus mengirimkan contoh penampilan mereka untuk proses seleksi awal.
 
BMS yang dipimpin maestro konduktor Indonesia, Avip Priatna, berkompetisi pada dua babak wajib, yakni Compulsory Category dan Free Program Category. Berbalut kostum bernuansa daerah Bali, BMS dinilai tampil sangat variatif, disertai koreografi gerak tarikan.
 
Ada total 16 lagu yang dibawakan BMS, antara lain Factum Est Silentium karya Richard Dering, dan Canticum Novum karta Ivo Antognini. BMS juga membawakan lagu karya komposer muda Indonesia, yakni Fajar Senja dan Hentakan Jiwa karya Ken Steven, serta arransemen lagu Janger karya Agustinus Bambang Jusana.
 
Kemenangan ini menambah deretan prestasi yang diraih BMS selama aktif berlaga di kompetisi paduan suara internasional sejak 2001. Usai berkompetisi di Prancis, BMS akan segera di Montana, Amerika Serikat untuk memenuhi undangan International Choral Festival Missoula.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif