Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, terbakar hebat pada Senin 15 April 2019. (Foto: AFP/FABIEN BARRAU)
Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, terbakar hebat pada Senin 15 April 2019. (Foto: AFP/FABIEN BARRAU)

Pemimpin Dunia Bersedih atas Kebakaran Notre Dame

Internasional Kebakaran Notre Dame
Willy Haryono • 16 April 2019 07:29
Brussels: Sejumlah pemimpin dan tokoh dunia menyuarakan kesedihan serta solidaritas mereka kepada masyarakat Prancis atas terbakarnya Katedral Notre Dame di Paris pada Senin 15 April 2019.
 
Kepala Komisi Uni Eropa Jean Claude Juncker mengatakan bahwa Notre Dame adalah "milik seluruh manusia. Katedral tersebut telah menginspirasi banyak penulis, pelukis, filsuf dan semua orang yang datang dari seluruh dunia."
 
"Notre Dame di Paris adalah Notre Dame untuk seluruh Eropa. Kita semua mendukung Paris hari ini," ujar Presiden Dewan Uni Eropa Donald Tusk, dilansir dari laman AFP.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Juru bicara Vatikan mengekspresikan kedekatannya dengan pemeluk Katolik di Prancis dan juga warga Paris. Vatikan mendoakan agar para petugas pemadam kebakaran bisa segera memadamkan Si Jago Merah.
 
Sekretaris Jenderal Perserikatan Bangsa-Bangsa Antonio Guterres mengaku "sedih melihat tayangan berita yang datang dari Paris." Ia menyebut Katedral Notre Dame adalah contoh unik warisan budaya dunia yang telah berdiri tegak sejak abad ke-14.
 
Kepala UNESCO Audre Azoulay berkata bahwa pihaknya akan "terus mendukung Prancis untuk menyelamatkan dan merestorasi warisan budaya yang tak ternilai" di Notre Dame.
 
Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku "sangat khawatir saat melihat api besar di Katedral Notre Dame di Paris." Ia sempat mengusulkan agar ada semacam 'tanker udara' untuk memadamkan api. Prancis menolak ide tersebut.
 
Baca:Prancis Tolak Ide Trump Terkait Kebakaran Notre Dame
 
Mantan Presiden AS Barack Obama menyebut Notre Dame sebagai salah satu harta karun dunia. "Merupakan hal natural bagi kita semua untuk bersedih saat melihat ada bangunan bersejarah yang rusak. Tapi juga merupakan hal natural bagi kita semua untuk bangkit dan membangun kembali demi masa depan," ungkap Obama.
 
Perdana Menteri Inggris Theresa May mengaku bersedih dan mendoakan agar para petugas dapat segera memadamkan api "yang berkobar hebat di Katedral Notre Dame."
 
Jubir Kanselir Jerman Angela Merkel, Steffen Seibert, mengaku "terpukul usai melihat sejumlah foto kebakaran Katedral Notre Dame. Notre Dame adalah simbol Prancis dan juga budaya Eropa."
 
Kementerian Luar Negeri Mesir menyatakan bahwa Kairo turut berduka atas terbakarnya Katedral Notre Dame. "Monumen tersebut adalah simbol budaya dan memiliki nilai historis bagi Prancis, dan juga merupakan bagian dari warisan budaya dunia," sebut Kemenlu Mesir.
 
PM Lebanon Saad Hariri mengatakan bahwa "kesedihan menyelimuti dunia saat melihat Katedral Notre Dame di Paris terbakar. Ini merupakan bencana bagi warisan dunia dan juga kemanusiaan. Lebanon mendukung penuh sahabat kami, yakni masyarakat Prancis."
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif