Perdana Menteri baru Yunani, Kyriakos Mitsotakis. (Foto: AFP).
Perdana Menteri baru Yunani, Kyriakos Mitsotakis. (Foto: AFP).

Usai Dilantik, Mitsotakis Janji Akhiri Krisis Ekonomi Yunani

Internasional politik yunani
Marcheilla Ariesta • 08 Juli 2019 18:53
Athena: Kyriakos Mitsotakis secara resmi dilantik sebagai perdana menteri baru Yunani. Dia mengambil alih kendali pemerintahan dari Alexis Tsipras pada Senin, 8 Juli 2019, dan berjanji akan mengakhiri krisis ekonomi di negara tersebut.
 
"Ini pesan kuat untuk perubahan di Yunani," kata Mitsotakis, dilansir dari AFP.
 
"Siklus penderitaan telah ditutup dan Yunani akan dengan bangga kembali mengangkat kepalanya lagi. Saya tak akan mengecewakan harapan kalian," sambung putra eks PM Yunani Constantine Mitsotakis itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Mitsotakis menang besar atas Perdana Menteri petahana Alexis Tsipras. Dia memperoleh 39,85 persen suara, sementara Partai Syriza yang dipimpin Tsipras hanya mendapay 31,35 persen suara.
 
Baca juga:PM Tsipras Mengaku Kalah di Pemilu Sela Yunani
 
Mitsotakis berjanji akan membebaskan Yunani dari krisis ekonomi yang membelit negara tersebut selama satu dekade terakhir. Negara ini nyaris bangkrut dan hanya bertahan dari dana talangan.
 
Tak hanya itu, negara ini juga menjadi anggota Uni Eropa dengan utang terbanyak. Tahun lalu, utang negara mencapai 335 miliar euro, atau sekitar Rp5.303 triliun.
 
Jumlah tersebut 180 persen dari produk domestik bruto (PDB) negara tersebut. Namun, diperkirakan beban utang ini akan turun dua persen tahun ini.
 
Meski demikian, dia dan partainya, Demokrasi Baru, dituding hanya akan menghambat pertumbuhan di negara tersebut. Tantangan baru juga akan muncul, yakni jumlah pengangguran di Yunani yang rata-rata mencapai 18 persen.
 

(WAH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif