PM Theresa May pimpin partainya tidak meraih suara mayoritas di Parlemen Inggris (Foto: AFP).
PM Theresa May pimpin partainya tidak meraih suara mayoritas di Parlemen Inggris (Foto: AFP).

Temui Ratu Inggris, PM May Akan Minta Izin Bentuk Pemerintahan

Internasional politik inggris
Fajar Nugraha • 09 Juni 2017 16:57
medcom.id, London: Perdana Menteri Inggris Theresa May akan melakukan pertemuan dengan Ratu Elizabeth. May akan meminta izin untuk membentuk pemerintahan baru.
Hal tersebut dipastikan oleh seorang juru bicara pemerintahan pada Jumat 9 Juni. Diperkirakan, PM May akan menemui Ratu pada pukul 12.30 siang sebagai pimpinan Partai Konservatif. Partai yang dipimpinnya memang memenangkan pemilu, tetapi kehilangan suara mayoritas. Demikian diberitakan AFP, Jumat 9 Juni 2017.
Partai Konservatif yang dipimpin oleh Perdana Menteri Theresa May mendapatkan 318 kursi di parlemen. Sementara Partai Buruh menempel ketat dengan 269 kursi.
Hasil ini menjadi sebuah kemunduran bagi Partai Konservatif, yang harus mendapatkan 326 kursi untuk suara mayoritas. Sementara Partai Buruh perolehan kursinya justru meningkat.
Kegagalan May untuk mempertahankan suara mayoritas dalam parlemen, membuat Inggris dalam ketidakpastian. Terlebih lagi, proses negosiasi Negeri Ratu Elizabeth untuk keluar dari UE masih akan berlanjut.
Ada kemungkinan bahwa PM May tidak dapat membentuk pemerintah dan bahkan muncul desakan agar dia mundur.

 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif