Greta Thunberg dalam Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) di Davos, Swiss. Foto: WEF
Greta Thunberg dalam Forum Ekonomi Dunia (World Economic Forum/WEF) di Davos, Swiss. Foto: WEF

Greta Thunberg Kecam Sikap Diam Pemimpin Terkait Krisis Iklim

Internasional perubahan iklim Greta Thunberg
Marcheilla Ariesta • 22 Januari 2020 04:08
Davos: Greta Thunberg menyatakan tak ada yang dilakukan untuk mengatasi krisis iklim dunia. Dia memperingatkan para pemimpin dunia untuk melakukan sesuatu untuk mengatasi krisis ini.
 
"Hampir tidak ada yang dilakukan karena emisi global CO2 belum berkurang. Jika Anda melihatnya dari aspek itu, apa yang telah dilakukan secara konkret? Pada dasarnya tidak ada," katanya mengkritisi para pemimpin dunia di Forum Ekonomi Dunia di Davos, Swiss, dilansir dari CNN, Selasa 21 Januari 2020.
 
Dia mengatakan ini baru permulaan krisis iklim, dan dibutuhkan upaya lebih lagi untuk mengatasinya. Menurut remaja 17 tahun ini, kesadaran akan krisis iklim sebenarnya sudah meningkat, namun tidak banyak yang berubah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Thunberg menuturkan dia menghabiskan waktu setahun untuk mempublikasikan temuan-temuan dari laporan mengenai Perubahan Iklim 2018. Dia menbahkan tidak akan berhenti mempublikasikannya.
 
Dari temuan tersebut dilaporkan bahwa negara-negara hanya dapat menghilangkan 420 gigaton karbondioksida untuk mendapat peluang terbaik dalam menjaga kenaikan suhu global di bawah 1,5 derajat. Namun untuk mencapai level ini, diperlukan waktu delapan tahun.
 
"Saya tahu Anda semua tidak ingin membicarakan ini, tapi saya jamin akan terus mengulangnya sampai Anda semua melakukan cara mengatasinya," imbuh dia.
 
Nama gadis ini menjadi pembahasan publik setelah dia dengan keras mengkritik para pemimpin dunia dalam mengatasi perubahan iklim ini di Davos tahun lalu. Dia bahkan disebut sebagai 'Person of the Year' karena lantang menyuarakan keprihatinan atas krisis iklim dunia.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif