Kanselir Jerman Angela Merkel kejang saat mendamping Presiden Finlandia Antti Rinne di Berlin pada Rabu. (Foto: AFP).
Kanselir Jerman Angela Merkel kejang saat mendamping Presiden Finlandia Antti Rinne di Berlin pada Rabu. (Foto: AFP).

Kanselir Jerman Kejang Lagi di Muka Umum

Internasional angela merkel
Arpan Rahman • 11 Juli 2019 16:03
Berlin: Tubuh Kanselir Jerman Angela Merkel terlihat kejang di depan umum yang kali ketiga hanya dalam waktu tiga pekan. Gestur itu menimbulkan kekhawatiran baru tentang kesehatannya.
 
Merkel tampaknya mengalami kejang kembali saat menerima Perdana Menteri Finlandia Antti Rinne di Berlin pada Rabu.
 
Baca juga: Angela Merkel Derita Kejang, Dokter Uraikan Kesimpulan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia kemudian berkata "merasa baikan" dan "tidak perlu khawatir". Seraya menyalahkan kecemasan residual selama gemetaran pertama pada 18 Juni. "Itu akan hilang suatu hari nanti," kata Merkel, disiarkan dari Financial Times, Rabu 10 Juli 2019.
 
Ulrike Demmer, Juru Bicara Merkel, menyebutkan kanselir telah bertemu Rinne seperti yang direncanakan dan akan muncul pada konferensi pers bersama. "Kanselir telah menepati semua janji selama tiga pekan terakhir dan dalam kondisi yang baik," katanya.
 
Rekaman video dari sambutan resmi untuk Rinne menunjukkan Merkel bergetar ketika lagu kebangsaan Jerman dimainkan. Meskipun tampaknya kurang serius daripada serangan pertama pada 18 Juni, yang terjadi ketika dia menerima presiden baru Ukraina Volodymyr Zelensky.
 
Saat itu dia menyalahkan cuaca panas -- suhu di Berlin berkisar hampir 40C -- dan dehidrasi. Cuaca di ibu kota Jerman jauh lebih dingin pada Rabu.
 
Dia juga terlihat gemetar saat upacara pelantikan Menteri Kehakiman Jerman, Christine Lambrecht, pada 27 Juni. Dia menggenggam lengannya buat mengendalikan goncangan, tetapi menolak segelas air yang ditawarkan kepadanya oleh seorang pejabat.
 
Ditanya tentang keadaan kesehatannya di sela-sela KTT G20 di Jepang, dia menolak berkomentar apakah dia telah berkonsultasi dengan dokter tentang penyakit gemetaran. Kecuali hanya berkata: "Saya tidak punya masalah khusus untuk diperiksa. Saya merasa baik-baik saja."
 
Merkel, penyuka jalan kaki, menjadi kanselir sejak 2005 dan jarang menderita penyakit apa pun saat menjabat. Jika dia tetap berkuasa sampai akhir parlemen, dia akan menyamai rekor yang disabet oleh Helmut Kohl, jadi kanselir selama 16 tahun.
 
Baca juga: Tubuh Kanselir Jerman Kembali Kejang di Depan Publik.
 
Namun, dia mengambil langkah pertama menuju peletakan kekuasaan tahun lalu ketika dia mundur sebagai pemimpin Partai Uni Demokratik Kristen setelah 18 tahun. Dia digantikan Annegret Kramp-Karrenbauer, seorang wanita yang secara luas dipandang sebagai pewaris ideologisnya.
 
Gemetaran Merkel selama tiga pekan terakhir telah menjadi berita utama internasional. Namun Kanselir bungkam tentang penyebab serangan itu.
 
Demmer ditanya oleh wartawan Jerman pada Rabu, apakah Merkel akan menerima pemeriksaan medis, dan mengapa pemerintah menolak untuk memberikan informasi tentang kondisi kesehatannya. Dia hanya katakan bahwa "tidak perlu berlebihan".
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif