Beberapa mobil yang rusak tertimpa material bangunan di Tirana usai guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Sabtu 21 September 2019(Foto: AFP Photo/Gent SHKULLAKU)
Beberapa mobil yang rusak tertimpa material bangunan di Tirana usai guncangan gempa berkekuatan magnitudo 5,6 pada Sabtu 21 September 2019(Foto: AFP Photo/Gent SHKULLAKU)

Gempa Magnitudo 5,6 Rusak Puluhan Rumah di Albania

Internasional gempa bumi
Willy Haryono • 22 September 2019 21:19
Durres: Gempa bumi berkekuatan magnitudo 5,6 dan guncangan susulan dengan kekuatan hampir sama mengguncang kota pelabuhan Durres, Albania, Sabtu 21 September. Kuatnya getaran juga terasa hingga ke wilayah ibu kota Tirana.
 
Puluhan rumah di sejumlah daerah di Albania dikabarkan rusak akibat gempa. Kementerian Pertahanan Albania mengatakan gempa kali ini adalah yang terkuat sejak 30 tahun terakhir.
 
"Semua tetangga saya berkeluar sambil berteriak. Untungnya gempa tidak berlangsung lama, hanya sekitar 20 detik," kata Agim, seorang pensiunan di Tirana, dilansir dari laman RTE, Minggu 22 September 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Menteri Kesehatan Albania Ogerta Manastirliu melaporkan bahwa 68 orang menjalani perawatan luka akibat gempa di Tirana dan Durres. Sebagian besar dari mereka terluka saat panik melarikan diri dari rumah masing-masing.
 
Di Tirana, 48 rumah dan tiga apartemen mengalami keretakan akibat gempa. Sementara di Durres, 42 rumah dan empat apartemen juga mengalami hal serupa.
 
Tidak hanya rumah dan apartemen, sejumlah mobil terparkir di Tirana juga dilaporkan rusak akibat tertimpa material bangunan.
 
"Satu hal yang patut disyukuri adalah tidak adanya korban jiwa," ucap Menhan Albania Olta Xhacka dalam sebuah konferensi pers.
 
Dua puluh bangunan di luar kota Tirana dan Durres juga dikabarkan rusak akibat gempa. "Telah dikonfirmasi tidak ada kerusakan terhadap sumur minyak," lanjut Xhacka, merujuk pada wilayah penghasil minyak di Fier.
 
Badan Survei Geologi AS menyebutkan kekuatan gempa di Albania adalah magnitudo 5,6. Sementara Institut Geosains Albania mencatatnya di angka 5,8, dengan guncangan susulan berkekuatan 5,3.
 
"Guncangan terkuat adalah yang pertama. Beruntung, guncangan susulan tidak terlalu kuat," sebut Xhacka.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif