PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: AFP)
PM Spanyol Pedro Sanchez. (Foto: AFP)

Pemilu Spanyol Dimulai, Isu Catalonia Masih Mendominasi

Internasional spanyol referendum catalonia
Willy Haryono • 28 April 2019 19:25
Madrid: Pemilihan umum dimulai di seantero Spanyol, Minggu 28 April 2019, yang merupakan kali ketiga dalam empat tahun terakhir. Pemilu kali ini ditandai meningkatnya gerakan sayap kanan Vox, yang menentang multikulturalisme dan mengancam mengakhiri kekuasaan otonom seperti di Catalonia.
 
Perdana Menteri Pedro Sanchez yang berpandangan sosialis mendeskripsikan dirinya sebagai benteng pertahanan terhadap meningkatnya intensitas gerakan sayap kanan.
 
Dilansir dari laman BBC, sejumlah jajak pendapat mengindikasikan partai PM Sanchez akan memimpin raihan suara. Namun tidak akan ada satu partai pun yang diproyeksikan meraih mayoritas suara.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jajak pendapat terakhir di surat kabar El Pais pada Senin pekan kemarin menempatkan partai sosialis PSOE meraih sekitar 30 persen suara, Partai Konservatif Rakyat (PP) 20 persen, Ciudadanos dan Podemos di kisaran 14 persen dan Vox 11 persen.
 
Namun, sejumlah survei juga menunjukkan empat dari 10 pemilih di Spanyol belum menentukan pilihan mereka. Pemilu dimulai pukul 09.00 dan berakhir pada 20.00 waktu Spanyol.
 
Beragam isu emosional mendominasi kampanye pemilu Spanyol, terutama soal masa depan Catalonia.
 
Catalonia menggelar referendum pada Oktober 2017, dan mendeklarasikan kemerdekaan dari Spanyol beberapa pekan setelahnya. Spanyol menentang deklarasi terakhir.
 
Belasan tokoh separatisme Catalonia mulai ditangkap petugas sejak saat itu. Belakangan, mereka juga hadir dalam persidangan di Madrid dan menghadapi berbagai dakwaan, termasuk pemberontakan dan penghasutan.
 
Awal April lalu, PM Sanchez menegaskan bahwa Catalonia tidak pernah akan merdeka.
 
"Tidak tetaplah tidak," tegas Sanchez dalam pertemuan Partai Sosialis di Zaragoza.
 
"Jika nanti terbentuk pemerintahan sosialis, tidak akan ada kemerdekaan di Catalonia, tidak akan ada referendum kemerdekaan, dan konstitusi Spanyol di Catalonia juga tidak akan terganggu," sambung dia.
 
Baca:PM Spanyol Tegaskan Catalonia Tidak Akan Merdeka
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif