Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP
Puing pesawat Ukraina yang jatuh di Teheran, Iran. Foto: AFP

Ukraina Desak Iran Serahkan Kotak Hitam Pesawat yang Jatuh

Internasional ukraina kecelakaan pesawat iran as-iran
Fajar Nugraha • 15 Januari 2020 20:15
Kiev: Ukraina telah meminta Iran untuk menyerahkan kotak hitam dari pesawat Ukraine International Airlines. Pesawat itu jatuh setelah terkena rudal Iran pada 8 Januari.
 
“Kami akan mengambil ‘semua tindakan’ untuk memecahkan kode kotak hitam dengan benar. Ukraina berniat ‘menyimpan bukti dalam penyelidikan kecelakaan,” ucap Kejaksaan Agung Ukraina, seperti dikutip, AFP, Rabu, 15 Januari 2020.
 
Ukraine International Airlines dengan jenis Boeing 737-800, yang menuju Kiev, jatuh tak lama setelah lepas landas dari Teheran Rabu lalu. Insiden tersebut menewaskan semua 176 orang di dalamnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Jatuhnya pesawat terjadi beberapa jam setelah Teheran meluncurkan rentetan rudal di pangkalan-pangkalan yang menampung pasukan Amerika di Irak. Serangan itu merupakan sebagai pembalasan atas pembunuhan komandan pasukan Quds Garda Revolusi Iran, Qasem Soleimani dalam serangan AS.
 
Iran pada awalnya membantah klaim Barat bahwa pesawat itu jatuh ditembak rudal mereka. Tetapi akhirnya Iran mengakui bahwa pesawat itu secara tidak sengaja ditembak jatuh.
 
“Pihak kami telah mengirim permintaan bantuan hukum terkait dengan penyerahan ke badan penegak hukum Ukraina, kotak hitam yang menyimpan alat perekam dari Boeing 737 milik Ukraine International Airlines,” tegas pihak Kejaksaan Agung Ukraina.
 
Pernyataan itu menambahkan bahwa dinas keamanan SBU Ukraina bertugas menyelidiki kecelakaan itu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif