Korsel Minta Eropa Yakinkan Kim Jong-un soal Denuklirisasi
Presiden Korsel Moon Jae-in (kiri) dalam kunjungannya ke sebuah stasiun hidrogen di Paris, Prancis, 14 Oktober 2018. (Foto: AFP/FRANCOIS GUILLOT)
Paris: Presiden Korea Selatan Moon Jae-in meminta sejumlah negara besar di dunia untuk meyakinkan pemimpin Korea Utara Kim Jong-un mengenai denuklirisasi. Kim perlu diyakinkan bahwa keputusannya untuk berkomitmen terhadap denuklirisasi di Semenanjung Korea adalah tindakan benar.

Moon, yang telah tiga kali bertemu Kim tahun ini, akan menyampaikan pesan tersebut kepada Presiden Prancis Emmanuel Macron di Paris pada hari ini, Senin 15 Oktober 2018. Prancis adalah negara tujuan pertama dalam tur tujuh hari Moon di Eropa.

Kepada surat kabar Le Figaro, Moon menyebutkan bahwa Kim "merasa frustrasi atas sikap skeptis komunitas internasional" terhadap Korut


"Kita perlu meyakinkan Kim Jong-un bahwa dia telah membuat keputusan tepat mengenai denuklirisasi, dan kita juga perlu mendukung keinginannya untuk mencapai perdamaian solid dan berkesinambungan," ungkap Moon, seperti dikutip dari kantor berita AFP.

Baca: Presiden Korsel Optimistis Akhiri Perang Korea

Bertemu pemimpin Pyongyang pada April, Mei dan September, Moon adalah tokoh kunci dalam memediasi pertemuan bersejarah antara Kim dengan Presiden Amerika Serikat Donald Trump di Singapura pada Juni lalu.

Pertemuan tersebut menghasilkan kesepakatan antara Kim dan Trump mengenai denuklirisasi, meski saat itu detail-detailnya tidak dibahas. "Terlepas dari usia mudanya, Kim Jong-un telah mendemonstrasikan kejujuran, kesederhanaan, ketenangan dan kesopanan," sebut Moon.

Kamis mendatang, Moon dijadwalkan bertemu Paus Fransiskus. Ia mengaku akan menyampaikan langsung pesan Kim yang menginginkan Fransiskus datang ke Korut. Dari Vatikan, Moon akan bertolak ke Brussels dan Copenhagen.



(WIL)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id