Katedral Notre Dame di Paris, Prancis alami kebakaran besar pada 15 April 2019. (Foto: ABC News).
Katedral Notre Dame di Paris, Prancis alami kebakaran besar pada 15 April 2019. (Foto: ABC News).

Setelah Terbakar, Interior Notre Dame yang Rusak Terlihat

Internasional Kebakaran Notre Dame
Arpan Rahman • 16 Mei 2019 15:37
Paris: Interior katedral Notre Dame yang hangus sudah terlihat untuk kali pertama sejak kebakaran besar merobek landmark Paris yang berusia 850 tahun hampir sebulan lalu.
 
Baca juga: Tujuh Konsep Desain Renovasi Notre Dame.
 
Dinukil dari laman ITV, Rabu 15 Mei 2019, para pekerja restorasi mengenakan pakaian pelindung dan topeng dapat terlihat mennyingkirkan puing-puing, termasuk balok hangus berserakan di lantai katedral.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di antara adegan kehancuran, yang difilmkan oleh David Muir dari ABC News, tetap ada beberapa fitur Gothic paling ikonik yang tidak terdampak kobaran api, termasuk jendela kaca bermotif mawar.
 
Kobaran api menyebabkan kerusakan besar pada bangunan, khususnya, runtuhnya puncak menara di katedral bersejarah itu.
 
Sebelumnya, Parlemen Prancis menyepakati undang-undang terbaru yang bertujuan memperbaiki Katedral Notre Dame dalam kurun waktu lima tahun ke depan. Notredame, bangunan ikonik Prancis dan juga Eropa.
 
Merenovasi katedral berusia 850 tahun itu, yang sebagian besar bagian atapnya terbakar dalam kebakaran 15 April, adalah tantangan sulit bagi pemerintahan Prancis di bawah Presiden Emmanuel Macron.
 
Kebakaran di Katedral Notre Dame mengejutkan publik Prancis dan juga dunia. Beberapa hari usai kebakaran, Macron menetapkan target restorasi untuk lima tahun ke depan.
 
UU terbaru ini merupakan kontroversi di parlemen, karena akan mengeliminasi beberapa aturan seputar bangunan kuno di Prancis. Setelah berdebat selama 13 jam, UU percepatan perbaikan Notredame akhirnya diadopsi dengan 32 suara dukungan, lima penentangan dan 10 abstain.
 
Nantinya, UU ini akan dibahas lebih lanjut di Senat Prancis pada 27 Mei mendatang.
 
Baca juga: Restorasi Notre Dame, dari Bahan Limbah hingga Rumah Kaca.
 
Saat sesi parlemen dibuka, Menteri Kebudayaan Prancis Franck Riester mengatakan kepada semua orang meski target lima tahun terlihat seperti "sesuatu yang ambisius," pemerintah berjanji bahwa proses perbaikan Notre Dame tidak akan dilakukan secara "terburu-buru."
 
Sejauh ini, hampir USD1,1 miliar atau setara Rp15,7 triliun telah terkumpul atau dijanjikan pihak tertentu untuk memperbaiki Notre Dame. Riester menegaskan dana bantuan ini "seluruhnya" akan dipakai untuk biaya restorasi.
 
Sejumlah pakar meyakini total biaya perbaikan Notre Dame berkisar USD600 hingga USD700 juta, sehingga masih akan menyisakan beberapa ratu juta dolar. Sejumlah pihak menyarankan uang sisa tersebut dapat dipakai untuk merestorasi beberapa gereja atau katedral kuno di Prancis.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif