Kanselir Austria Sebastian Kurz. (Foto: Helmut Fohringer/APA/AFP)
Kanselir Austria Sebastian Kurz. (Foto: Helmut Fohringer/APA/AFP)

Kanselir Austria Serukan Pemilu Sela Terkait Skandal Korupsi

Internasional austria
Arpan Rahman • 19 Mei 2019 13:14
Wina: Kanselir Austria Sebastian Kurz menyerukan pemilihan umum sela setelah wakilnya, Heinz-Christian Strache, mengundurkan diri atas skandal korupsi.
 
Partai Rakyat yang mengusung Kurz merupakan mitra dari Partai Kebebasan pengusung Strache. Strache mundur usai sebuah video mengaitkannya dengan skandal korupsi yang melibatkan terduga investor asal Rusia.
 
Tanpa menyebutkan secara spesifik mengenai konten di video, Strache mengaku selama ini sering bertindak gegabah layaknya seorang "remaja." Ia juga mengaku terkadang berbuat "bodoh" sehingga merasa perlu mengundurkan diri agar tidak merusak tatanan kabinet Austria.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya telah menyarankan kepada presiden untuk menggelar pemilu sesegera mungkin," kata Kurz, dilansir dari laman BBC, Minggu 19 Mei 2019.
 
"Setelah keluarnya video itu kemarin, saya harus berkata jujur: cukup sudah," ujarnya.
 
Menurut Kurz, bagian terburuk dari video itu adalah penyalahgunaan wewenang dan penyelewengan uang rakyat," ungkap Kurz.
 
Presiden Austria Alexander Van der Bellen mengatakan pemilu sela memang diperlukan usai Strache mengundurkan diri. Ia mengaku telah mendiskusikan perihal pemilu sela dengan Kurz, dan langkah berikutnya akan dibicarakan Minggu ini.
 
Sementara itu, ribuan orang berunjuk rasa di sebuah lapangan di luar kantor Kurz. Sebagian dari mereka berteriak, "ayo gelar pemilu sela sekarang juga!"
 
Selama ini Kurz berusaha menjauhkan diri dari berbagai skandal di sekeliling Partai Kebebasan. Kurz mengaku ini bukan kali pertamanya dia pernah menghadapi masalah terkait partai tersebut.
 
"Meski saya jarang mengekspresikan diri di hadapan publik, ada sejumlah situasi (terkait partai) yang sulit saya terima," sebut Kurz.
 
Baca:Video Skandal Muncul ke Publik, Menteri Austria Mundur
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif