Pengusiran Turis Tiongkok di Swedia Picu Ketegangan Diplomatik

Arpan Rahman 18 September 2018 15:16 WIB
swediationgkok
Pengusiran Turis Tiongkok di Swedia Picu Ketegangan Diplomatik
Polisi mengusir paksa tiga turis Tiongkok dari sebuah hostel di Swedia. (Foto: Twitter/PDChina)
Stockholm: Sebuah keluarga asal Tiongkok diusir paksa polisi dengan cara diseret dari sebuah hostel di Stockholm, Swedia. Insiden ini dipicu perselisihan pihak hostel dengan keluarga mengenai waktu check-in.

Dalam beberapa video di media sosial, sekelompok turis Tiongkok terlihat diseret keluar dari sebuah hostel. Mereka berteriak, "ini adalah pembunuhan!," di luar area hostel.

Kedutaan Besar Tiongkok di Swedia menilai aparat "bertindak brutal" dalam insiden yang terjadi pada 2 September tersebut.


"Tiga turis Tiongkok secara brutal dianiaya Kepolisian Swedia. Kedubes Tiongkok di Swedia sangat terpukul dan geram atas apa yang terjadi, dan mengecam keras Kepolisian Swedia," ucap jubir Kedubes Tiongkok, seperti dilansir dari Evening Standard, Senin 17 September 2018.

Insiden ini memicu ketegangan diplomatik, setelah Beijing meminta otoritas Swedia menginvestigasi dan menahan para polisi yang terlibat.

"Kami berharap kubu Swedia akan menangani kasus ini sesuai aturan hukum. Kami mendesak kubu Swedia segera mengambil tindakan untuk melindungi keselamatan dan hak warga Tiongkok di Swedia," sebut jubir Kedubes Tiongkok.

Peristiwa bermula saat keluarga Tiongkok itu datang lebih awal ke Generator Hostel di Torstatanm di distrik Norrmalm, Stockholm utara. Pihak hostel mengizinkan mereka menunggu di lobi, karena baru bisa check-in pada pagi hari sesuai pesanan awal.

Namun selang beberapa waktu, staf hostel memerintahkan mereka untuk keluar. Polisi pun datang dan secara paksa mengusir mereka, dengan cara menyeret bagian kaki dan tangan hingga ke area luar hostel.

Kantor Kejaksaan Publik Swedia angkat bicara mengenai kasus ini.

"Terkait kasus turis Tiongkok, Kantor Kejaksaan Publik Swedia telah membuat penilaian bahwa tidak ada pelanggaran hukum yang dilakukan polisi, sehingga diputuskan tidak akan memulai investigasi."



(WIL)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id