Rusia dan Tiongkok minta DK PBB bahas uji coba rudal Amerika Serikat. Foto: AFP.
Rusia dan Tiongkok minta DK PBB bahas uji coba rudal Amerika Serikat. Foto: AFP.

Rusia dan Tiongkok Desak DK PBB Bahas Uji Rudal AS

Internasional amerika serikat tiongkok rusia
Sonya Michaella • 22 Agustus 2019 19:07
New York: Rusia dan Tiongkok mendesak Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) untuk menggelar rapat membahas terkait pengembangan rudal Amerika Serikat (AS).
 
Kedua negara juga meminta Kepala Urusan Pelucutan Senjata PBB Izumi Nakamitsu untuk memberi pengarahan DK PBB dalam upaya mendesak Washington mempertimbangkan kembali rencana pengembangan rudal tersebut.
 
Dilansir dari Al Jazeera, Kamis 22 Agustus 2019, Rusia dan Tiongkok juga ingin negara-negara anggota DK PBB mendukung desakan ini demi kesejahteraan kawasan. Mereka menyebut, rencana AS merupakan ancaman perdamaian internasional.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Rusia menuduh AS seolah sengaja meningkatkan tensi militer dengan melakukan uji coba rudal jarak menengah. Uji coba dilakukan beberapa pekan usai AS mengakhiri perjanjian senjata Intermediate-Range Nuclear Forces (INF) dengan Rusia.
 
AS mengaku telah menguji coba rudal tipe darat yang sebelumnya dilarang di bawah perjanjian INF. Perjanjian itu disepakati AS dan Uni Soviet pada 1987.
 
Rudal itu telah diluncurkan di Pulau San Nicolas oleh Angkatan Laut AS. Peluncuran ini merupakan pertanda bahwa Washington ingin meningkatkan kemampuan misil jarak menengah.
 
Uji coba rudal AS ini sesungguhnya dilarang dalam kerangka INF di mana jenis rudal AS tersebut adalah rudal berbasis darat dengan jarak antara 310 dan 3.400 mil atau setara dengan 498 hingga 5.471 kilometer.
 
Rudal yang diuji AS merupakan versi dari rudal jelajah Tomahawk yang berkemampuan nuklir. Berbeda dengan AS, Rusia menegaskan akan tetap mempertahankan moratorium pada sistem rudal jenis tersebut.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif