Parade Trooping the Colour memeriahkan perayaan ultah ke-93 Ratu Elizabeth II di London, Sabtu 8 Juni 2019. (Foto: TOLGA AKMEN/AFP/GETTY IMAGES)
Parade Trooping the Colour memeriahkan perayaan ultah ke-93 Ratu Elizabeth II di London, Sabtu 8 Juni 2019. (Foto: TOLGA AKMEN/AFP/GETTY IMAGES)

Parade Pasukan Warnai Ultah ke-93 Ratu Inggris

Internasional kerajaan inggris
Willy Haryono • 09 Juni 2019 16:02
London: Hari ulang tahun ke-93 Ratu Elizabeth II dari Kerajaan Inggris dirayakan dengan parade bertajuk Trooping the Colour di London, Sabtu 8 Juni 2019. Ini merupakan perayaan kedua dari sang ratu, yang lahir pada 21 April 1926.
 
Ratu Elizabeth II merayakan ultahnya bersama keluarga besar di Istana Buckingham. Turut berdiri di samping ratu adalah Prince of Wales, the Duchess of Cornwall, the Duke and Duchess of Cambridge and the Duke dan Duchess of Sussex.
 
Bagi Duchess of Sussex atau Meghan Markle, ini adalah penampilan perdananya di hadapan publik usai melahirkan anak laki-lakinya, Archie.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dikutip dari laman BBC, pertunjukan akrobatik pesawat jet tempur menghiasi langit London di atas Istana Buckingham. Ribuan orang juga turut merayakan ultah sang ratu dengan berkumpul di luar area istana.
 
Lebih dari 20 jet tempur ikut serta dalam manuver berwarna. Terdapat pula parade pasukan khas Inggris yang mengenakan seragam merah dan celana serta topi panjang berwarna hitam.
 
Parade Trooping the Colour melibatkan sekitar 1.400 prajurit Inggris. Unit berkuda artileri Inggris menembakkan 41 senjata sebagai bentuk penghormatan terhadap sang ratu di Green Park.
 
Trooping the Colour berasal dari persiapan tradisional pasukan Inggris ketika hendak berperang. Parade ini telah memeriahkan perayaan ulang tahun kedaulatan kerajaan selama lebih dari 250 tahun.
 
Parade Pasukan Warnai Ultah ke-93 Ratu Inggris
Ratu Elizabeth II menaiki kereta kuda di London. (Foto: AFP/Tolga Akmen)
 
Baca:Ratu Elizabeth II Rayakan Ultah ke-93 dengan Layanan Paskah
 
Mengapa Ultah Ratu Dirayakan Dua Kali?
 
Perayaan ultah Ratu Elizabeth II ini menimbulkan pertanyaan, karena terjadi dua bulan usai hari kelahirannya. Mengapa bisa demikian?
 
Profesor Madya dari Flinders University, Giselle Bastin, mengatakan pada awalnya perayaan ulang tahun monarki selalu dilakukan di hari kelahirannya.
 
Hari ultah monarki Inggris telah dirayakan sejak 1748. Tradisi ini berlanjut saat Inggris membuat koloni di sejumlah negara pada 1788.
 
Menurut Bastin, terdapat dua teori utama mengenai mengapa hari ultah monarki dirayakan dua kali, atau dalam hal ini digeser ke bulan Juni.
 
Sejumlah orang meyakini perubahan tersebut terjadi pada 1936 saat kakek Ratu Elizabeth II, Raja George V, meninggal dunia. Hari ultah Raja George V adalah awal Juni, dan sejumlah orang meyakini "kelahiran kedaulatan" kerajaan diubah untuk menghormati sosok sang raja.
 
Teori lainnya adalah masa liburan bulan Juni bertepatan dengan parade Trooping the Colour, yang menandai ultah monarki Inggris pada setiap tahunnya. Bastin menjelaskan bahwa sejumlah orang meyakini ayah dari Raja George V, Raja Edvard VII, adalah orang yang mengubah tanggal perayaan tersebut.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif