Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyuarakan niatnya membeli Greenland. Foto: AFP.
Presiden Amerika Serikat Donald Trump menyuarakan niatnya membeli Greenland. Foto: AFP.

PM Denmark Marah Akan Niat Trump Beli Greenland

Internasional denmark donald trump Greenland
Fajar Nugraha • 19 Agustus 2019 16:21
Washington: Perdana Menteri Denmark menyebut minat Donald Trump untuk membeli Greenland ‘tidak masuk akal’. Presiden Trump menegaskan dia telah membahas kemungkinan AS membeli pulau itu, meskipun kata Trump, itu bukan prioritas tinggi bagi Amerika.
 
Baca juga: Trump Samakan Greenland dengan Real Estate.
 
"Greenland tidak untuk dijual. Greenland bukan Denmark. Greenland milik Greenland," Perdana Menteri Denmark Mette Frederiksen pada Minggu kepada surat kabar Sermitsiaq, seperti dikutip CNN, Senin, 19 Agustus 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Aku sangat berharap ini tidak dimaksudkan dengan serius,” jelasnya.
 
Trump beberapa kali mengemukakan pembelian Greenland,-yang merupakan wilayah otonom Denmark,- dari Pemerintah Denmark. Pada Minggu, Trump mengonfirmasi minatnya untuk membeli negara itu, mengatakan kepada wartawan bahwa Greenland menyakiti Denmark.
 
"Kami adalah sekutu yang baik dengan Denmark, kami melindungi Denmark seperti kami melindungi sebagian besar dunia, dan konsepnya muncul," kata Presiden di New Jersey sebelum menuju ke Washington.
 
"Secara strategis itu menarik, dan kami akan tertarik, tetapi kami akan berbicara dengan mereka sedikit. Ini bukan fokus nomor satu, saya bisa katakan itu," kata Trump.
 
Sementara Frederiksen pada Minggu mengatakan percakapan di sekitar AS membeli Greenland adalah "sebuah diskusi yang tidak masuk akal."
 
“(Premier Greenland) Kim Kielsen tentu saja menegaskan bahwa Greenland tidak untuk dijual. Di situlah pembicaraan berakhir," katanya.
 
Baca juga: Greenland: Pulau Kami Tidak Dijual.
 
Pembicaraan Trump tentang membeli Greenland, yang pertama kali dilaporkan oleh The Wall Street Journal, bukanlah upaya Amerika pertama untuk membeli Greenland. Meskipun Presiden Harry Truman menghindari pertanyaan tentang upayanya atas kendali di wilayah tersebut, Amerika Serikat diduga mencoba membeli Greenland pada 1946. Dan pada 1867, Menteri Luar Negeri AS saat itu, William Seward menunjukkan minat untuk membeli pulau itu.
 
"Mereka mencoba membeli kami pada 1867, selama Perang Dunia Kedua, dan sekarang mereka mencoba lagi. Tidak akan terjadi,” pungkas, penduduk lokal Kulusuk, Bent Abeelsen, kepada CNN pekan lalu.
 

(FJR)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif