Sebuah permukiman di Greenland. (Foto: AFP / Jonathan NACKSTRAND)
Sebuah permukiman di Greenland. (Foto: AFP / Jonathan NACKSTRAND)

Greenland: Pulau Kami Tidak Dijual

Internasional donald trump Greenland
Willy Haryono • 17 Agustus 2019 07:59
Nuuk: Otoritas Greenland menegaskan bahwa pulau mereka "tidak dijual" usai Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku ingin membelinya dari pemerintah Denmark. Trump disebut-sebut mendiskusikan wacana membeli Greenland dalam beberapa sesi makan malam dengan para penasihat.
 
"Kami terbuka untuk kerja sama bisnis, tapi (pulau) tidak dijual," ungkap pemerintah wilayah otonom Greenland, dilansir dari laman BBC, Jumat 16 Agustus 2019.
 
Wacana Trump juga langsung memicu kritik dan kecaman dari sejumlah politisi Denmark. Mantan Perdana Menteri Lars Lokke Rasmussen menilai apa yang disampaikan Trump hanya sebuah lelucon.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pasti hanya lelucon April Mop. Tapi ini sudah bulan Agustus," tulis Rasmussen di Twitter.
 
Baca:Donald Trump Niat Ingin Beli Greenland dari Denmark
 
Wall Street Journal (WSJ), media pertama yang melaporkan berita soal wacana pembelian Greenland ini, melaporkan bahwa Trump mendiskusikan rencananya ini "dengan penuh keseriusan."
 
Namun beberapa sumber di berbagai media lain melaporkan hal berbeda, dan tidak dapat menentukan dengan pasti apakah Trump hanya bergurau atau tidak.
 
Kementerian Luar Negeri Greenland berkukuh pulau mereka tidak akan dijual untuk siapapun, termasuk AS. "Greenland adalah pulau kaya sumber daya alam seperti mineral, air murni dan es, beragam spesies hewan laut, energi terbarukan dan pariwisata," sebut Kemenlu Greenland.
 
PM Kim Kielsen juga berulang kali menegaskan hal serupa, bahwa "Greenland tidak dijual, namun membuka diri untuk kerja sama perdagangan dengan negara lain."
 
Anggota parlemen Greenland Aaja Chemnitz Larsen juga menyuarakan hal serupa. "Tidak, terima kasih. Pulau kami tidak dijual." Ia mendorong agar AS sebaiknya lebih meningkatkan "kemitraan setara dengan Denmark."
 
Sementara PM Denmark Mette Frederiksen belum berkomentar mengenai pemberitaan Greenland. Ia dijadwalkan mengunjungi Greenland akhir pekan ini.
 
Greenland adalah pulau terbesar di dunia (setelah Australia, yang terkadang juga disebut sebagai benua). Greeland adalah wilayah otonom Denmark, terletak antara Atlantik Utara dan Samudra Arktika.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif