Kapal badan amal milik Spanyol, Open Arms. (Foto: AFP)
Kapal badan amal milik Spanyol, Open Arms. (Foto: AFP)

Spanyol Tawarkan 107 Imigran untuk Berlabuh

Internasional imigran gelap spanyol italia
Sonya Michaella • 20 Agustus 2019 10:29
Madrid: Pemerintah Spanyol menawarkan 107 imigran yang terdampar di Mediterania untuk bisa merapat ke Pelabuhan Spanyol. Namun, Spanyol dengan tegas mengkritik Italia yang melarang imigran masuk.
 
"Pemerintah Spanyol menawarkan kepada Open Arms (badan amal dan penyelamat imigran) untuk menuju pelabuhan terdekat dan mengangkut para imigran," sebut pernyataan dari pemerintah, dikutip dari AFP, Selasa 20 Agustus 2019.
 
107 imigran yang mayoritas berasal dari Afrika ini telah terdampar di Pulau Lampedusa, Italia selatan, selama 18 hari. Menteri Dalam Negeri Italia Matteo Salvini melarang mereka turun dari kapal dan masuk ke pantai Italia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami sudah mencoba untuk berbicara dengan Italia. Namun belum ada respons," lanjut pernyataan tersebut.
 
Baca:Italia Tutup Pusat Imigran Terbesar di Eropa
 
Namun, Italia mengklaim, mereka telah mengizinkan sekitar 27 anak imigran di bawah umur untuk meninggalkan kapal atas desakan Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte.
 
Badan amal dan penyelamat milik Spanyol, Open Arms, hingga kini masih menunggu kesediaan kapal imigran tersebut untuk mau berlabuh sementara di pelabuhan Spanyol yang terdekat.
 
"Jika kondisi fisik dan psikologis imigran memburuk, Italia dan Salvini harus bertanggungjawab," tegas salah satu petinggi Open Arms.
 
Menanggapi ancaman Open Arms, Salvini menegaskan bahwa Italia bukan negara penerima pengungsi atau kamp pengungsi di Eropa.
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif