Menlu Iran Javad Zarif berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: BBC)
Menlu Iran Javad Zarif berbincang dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron. (Foto: BBC)

Delegasi AS Terkejut Menlu Iran Sambangi KTT G7

Internasional iran ktt g7
Sonya Michaella • 26 Agustus 2019 09:39
Biarritz: Menteri Luar Negeri Iran Mohammad Javad Zarif secara mengejutkan muncul di KTT G7 yang digelar di Biarritz, Prancis. KTT tersebut dihadiri pula oleh Presiden Amerika Serikat Donald Trump.
 
Dilaporkan, seluruh delegasi AS terkejut dengan kedatangan Zarif, di mana ketegangan antara kedua negara kini sedang meningkat.
 
"Jalan yang ada di depan mungkin akan sulit, tetapi harus dicoba," tulis Zarif di media sosial dan menyertakan foto dirinya sedang berbincang dengan pejabat Jerman dan Inggris, dikutip dari BBC, Senin 26 Agustus 2019. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Gagal Batalkan Sanksi, Menlu Zarif Tinggalkan KTT G-7
 
Zarif juga dikabarkan telah bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron, di mana Zarif juga menunggah fotonya bersama Macron dan pejabat Prancis.
 
Seorang diplomat Prancis mengatakan Zarif memang tidak direncanakan bertemu dengan Trump, namun kehadiran delegasi Iran di KTT G7 diharapkan bisa menurunkan ketegangan. 
 
Prancis memang menjadi salah satu pihak yang berusaha menyelamatkan kesepakatan nuklir AS dengan Iran. Meski demikian, mediasi dari Prancis ini ditolak oleh Trump. 
 
"Kami akan melakukan apa yang ingin kami lakukan," kata Trump.
 
Para pemimpin negara anggota G7 --Inggris, Kanada, Prancis, Jerman, Italia, Jepang dan AS-- saat ini berkumpul di Biarritz untuk menghadiri KTT ke-45. Berbagai topik dibahas di KTT ini termasuk kesepakatan nuklir Iran dan Brexit. 

 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif