Pekerja berada di atap Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, 23 April 2019. (Foto: AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)
Pekerja berada di atap Katedral Notre Dame di Paris, Prancis, 23 April 2019. (Foto: AFP/CHRISTOPHE ARCHAMBAULT)

Hujan Deras Ancam Struktur Katedral Notre Dame

Internasional Kebakaran Notre Dame
Arpan Rahman • 24 April 2019 14:32
Paris: Katedral Notre Dame telah berhasil selamat dari kebakaran dahsyat pada 15 April lalu. Namun kini, katedral yang diestimasi berusia 850 tahun itu terancam rusak diguyur hujan deras.
 
Menurut estimasi badan prakiraan cuaca Prancis, hujan deras hingga badai petir diprediksi melanda Paris pada Selasa malam hingga Kamis mendatang. Para ahli khawatir hujan dengan intensitas tinggi dapat merusak struktur rapuh Notre Dame.
 
Sejumlah bagian dari struktur Notre Dame diyakini telah menjadi lebih rapuh akibat terkena banyak air yang disemprotkan petugas pemadam kebakaran sejak pekan kemarin. Hujan deras dikhawatirkan semakin memperburuk kekuatan struktur Notre Dame.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Prioritas utama adalah melindungi katedral dari hujan," ujar kepala arsitek Philippe Villeneuve kepada saluran televisi BFM.
 
Villeneuve, yang memimpin upaya restorasi Notre Dame, telah menyewa para pendaki gunung profesional untuk menutupi sejumlah bagian katedral dengan terpal. Pemasangan terpal bertujuan untuk melindungi Notre Dame dari ancaman cuaca.
 
"Terpal sudah ada, pendakinya juga sudah datang dan perancah sudah disiapkan," kata Villeneuve, disitat dari laman Evening Standard, Selasa 23 April 2019.
 
Rencana membuat semacam "payung" raksasa di atap katedral juga diakui Villeneuve sedang berlangsung.
 
Rektor Notre Dame Patrick Jacquin mengatakan katedral yang menjadi ikon kota Paris ini belum akan dibuka untuk publik untuk setidaknya lima atau enam tahun ke depan.
 
Namun Presiden Prancis Emmanuel Macron bertekad membuka kembali Notre Dame pada momen Olimpiade 2024, di mana Paris akan menjadi kota penyelenggara.
 
Sejauh ini, tim investigator meyakini kebakaran di Notre Dame merupakan sebuah insiden, diduga terkait dengan proyek renovasi, dan bukan sesuatu yang disengaja.
 
Baca:Prancis akan Bikin Kompetisi Desain Notre Dame
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif