Saat terjadi kebakaran, spire atau menara di puncak bangunan katedral hancur. (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)
Saat terjadi kebakaran, spire atau menara di puncak bangunan katedral hancur. (Foto: AFP/Zakaria Abdelkafi)

Prancis akan Bikin Kompetisi Desain Notre Dame

Properti Arsitektur Unik Kebakaran Notre Dame
Rizkie Fauzian • 22 April 2019 13:14
Paris: Pemerintahan Prancis berencana membuat kompetisi untuk mengganti bangunan yang terbakar di Katedral Notre Dame, Paris. Saat terjadi kebakaran, spire atau menara di puncak bangunan katedral tersebut hancur.
 
Perdana Menteri Prancis Edouard Philippe mengatakan, alih-alih sekadar menciptakan kembali menara asli, pihaknya menginginkan desain baru yang disesuaikan dengan teknik dan zaman saat ini.
 
"Seperti yang terjadi dalam evolusi sebuah warisan, kita harus memberi Notre Dame menara baru," kata Edouard Philippe, dikutip Dezeen, 22 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Hal senada juga diungkapkan Presiden Prancis Emmanuel Macron. Dia berjanji akan membangun kembali Katedral Notre Dame menjadi lebih indah daripada sebelumnya.
 
Dia juga mengatakan pemulihan akan dilakukan dalam lima tahun, meskipun para ahli memperkirakan akan menelan waktu satu atau dua dekade untuk memulihkan katedral.
 
Puncak Menara Bukan Struktur Asli
 
Akibat kebakaran, menara di Notre Dame runtuh. Selama ini bagian tersebut dianggap sebagai ciri khas bangunan gothic Prancis tersebut. Meski menjadi ciri khas, nyatanya menara tersebut bukan bagian asli katedral.
 
Konon menara pertama dibangun pada abad ke-12 dan 13, namun terjadi kerusakan pada abad ke-18. Baru pada abad ke-19, seorang arsitek Prancis, Eugene Viollet le Duc, menambah menara baru.

 

(KIE)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:26
  • SUBUH04:36
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif