Ratu Elizabeth II (tengah) bersama Pangeran Charles (kanan) dan Pangeran Philip. (Foto: AFP)
Ratu Elizabeth II (tengah) bersama Pangeran Charles (kanan) dan Pangeran Philip. (Foto: AFP)

Kerajaan Inggris Berduka atas Tsunami di Selat Sunda

Internasional kerajaan inggris ratu elizabeth Tsunami di Selat Sunda
Willy Haryono • 25 Desember 2018 07:54
London: Kerajaan Inggris turut berduka atas musibah tsunami di Selat Sunda yang terjadi pada Sabtu 22 Desember. Data terbaru menyebut korban tewas akibat tsunami di provinsi Banten dan Lampung mencapai 373 orang, dengan 1.459 lainnya terluka dan 128 masih dinyatakan hilang.
 
"Pangeran Philip dan Saya sangat sedih atas hilangnya banyak nyawa akibat Tsunami di Indonesia," ujar Ratu Inggris Elizabeth II di akun Twitter resmi Kerajaan Inggris, Senin 24 Desember 2018.
 
"Kami menyampaikan belasungkawa terdalam kepada mereka semua yang telah kehilangan orang tercinta, dan juga kepada seluruh warga yang terkena dampak bencana ini. Saya juga mengapresiasi keberanian dan dedikasi tim penanggulangan bencana dan para relawan yang terus memberikan bantuan," lanjutnya.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Sebelumnya, Duta Besar Inggris untuk Indonesia Moazzam Malik menyampaikan duka cita yang mendalam untuk para korban tsunami di Selat Sunda. Dubes Moazzam juga menyampaikan pesan yang sama dari Menteri Pembangunan Internasional Inggris Penny Mordaunt dan keinginan Inggris untuk membantu Banten dan Anyer.
 
Ucapan duka dan tawaran bantuan juga disampaikan Uni Eropa terhadap Indonesia. UE mengaku telah mengaktifkan satelit Copernicus dan siap mengirim tim pakar jika memang diminta Indonesia.
 
Berbeda dari sebagian besar tsunami yang pernah terjadi di Indonesia, fenomena alam di Selat Sunda ini diakibatkan aktivitas vulkanik. Selama ini, Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut sebagian besar tsunami yang terjadi di Indonesia diakibatkan aktivitas tektonik.
 
BMKG mengakui tidak dapat mengantisipasi dini tsunami ini karena alat-alat yang dimiliki didesain untuk mendeteksi aktivitas tektonik.
 
Baca:Inggris Keluarkan Travel Advice ke Selat Sunda
 

 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif