Perdana Menteri Spanyol yang juga ketua umum PSOE, Pedro Sanchez dalam deklarasi kemenangan di Madrid, Spanyol. (Foto: AFP).
Perdana Menteri Spanyol yang juga ketua umum PSOE, Pedro Sanchez dalam deklarasi kemenangan di Madrid, Spanyol. (Foto: AFP).

Partai Sosialis Menangkan Pemilu di Spanyol

Internasional spanyol
Marcheilla Ariesta • 29 April 2019 12:25
Madrid: Partai Pekerja Sosialis (PSOE) berhasil memenangkan pemilihan umum di Spanyol. Partai ini berhasil memenangkan 123 kursi.
 
Ketua Umum PSOE, Pedro Sanchez, memuji hasil dan jumlah pemilih yang tinggi. Menurut dia, ini bukti keinginan Spanyol begerak maju dan menolak kebijakan reaksioner dari beberapa lawan sayap kanannya.
 
"Kami mewujudkannya. Kami telah mengirim pesan bahwa tidak ingin mundur. Kami menginginkan negara yang terlihat maju," tutur Sanchez, dilansir dari laman Guardian, Senin, 29 April 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Meski demikian PSOE masih gagal memenuhi mayoritas suara dalam pemilihan umum tersebut. PSOE dinilai masih perlu mencari dukungan untuk mencapai 176 kursi yang diperlukan dalam membentuk pemerintahan di kongres yang berkapasitas 350 kursi.
 
Bahkan, dengan dukungan dari Unidas Podemos dan kelompok-kelompok terkait, PSOE masih kekurangan sekitar 11 kursi.
 
Baca juga:Pemilu Spanyol Dimulai, Isu Catalonia Masih Mendominasi
 
Pesaing PSOE, Partai Rakyat (PP) berada di posisi kedua dengan 66 kursi. Tingkat partisipasi pemilu 2019 di Spanyol mencapai 75 persen.
 
Di pemilu kali ini, PP benar-benar menelan pil pahit. Selain kalah dari PSOE, suara mereka turun sebanyak 71 kursi.
 
Merespons hasil pemilu ini, Pemimpin PP Pablo Casado mengatakan partainya akan menjadi oposisi. "Kami akan terus memimpin oposisi dan kelompok kanan-tengah," pungkas Casado.
 

(AHL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif