Menlu AS Mike Pompeo hendak naik ke pesawat di London, Inggris, 9 Mei 2019. (Foto: AFP/MANDEL NGAN)
Menlu AS Mike Pompeo hendak naik ke pesawat di London, Inggris, 9 Mei 2019. (Foto: AFP/MANDEL NGAN)

Pompeo Bertolak ke Belgia untuk Diskusikan Iran

Internasional amerika serikat nuklir iran iran
Willy Haryono • 13 Mei 2019 12:18
Brussels: Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Mike Pompeo dijadwalkan mengunjungi Brussels, Belgia, hari ini, Senin 13 Mei 2019, untuk mendiskusikan berbagai "urusan mendesak," salah satunya mengenai Iran.
 
Awalnya Pompeo dijadwalkan mengunjungi Rusia Senin ini, namun pada akhirnya dibatalkan. Namun Kemenlu AS menegaskan Pompeo akan datang ke kota Sochi pada Selasa besok dan bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin serta Menlu Sergey Lavrov.
 
Pompeo tidak memberi keterangan mengapa agendanya diubah di menit-menit akhir. Sejumlah pihak menduga perubahan agenda terkait dengan pertemuan Dewan Urusan Luar Negeri Uni Eropa yang dijadwalkan digelar Senin ini di Brussels.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemenlu AS hanya mengatakan nantinya Pompeo akan berdiskusi dengan sejumlah petinggi dari Prancis, Inggris dan Jerman -- tiga negara penandatangan perjanjian nuklir Iran 2015.
 
Pada 8 Mei, Iran mengumumkan bahwa pihaknya menghentikan beberapa komitmen yang disepakati di bawah perjanjian Joint Comprehensive Plan of Action (JCPOA). Pengumuman dikeluarkan Iran satu tahun usai Amerika Serikat menarik diri dari perjanjian tersebut.
 
Presiden Iran Hassan Rouhani telah mengeluarkan ultimatum kepada sejumlah negara Eropa. Ia mengancam Iran akan bertindak lebih jauh jika negara-negara Eropa tidak meringankan sanksi terhadap Teheran sebagai penyeimbang meningkatnya 'serangan ekonomi' dari Negeri Paman Sam.
 
Negara-negara Eropa menolak ultimatum tersebut. AS juga terus meningkatkan tekanan terhadap Iran, dan Pompeo menuduh Teheran saat ini sedang berencana melancarkan serangan "dalam waktu dekat."
 
Akhir pekan kemarin, AS mengirim sistem misil pertahanan udara dan sebuah kapal perang ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran.
 
Kapal USS Arlington, yang mengangkut kendaraan amfibi dan juga pesawat, akan bergabung dengan USS Abraham Lincoln di Teluk Arab. Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan pesawat pengebom B-52 juga telah tiba di sebuah pangkalan militer di Qatar.
 
Pentagon mengatakan pengiriman ini merupakan respons terhadap kemungkinan adanya operasi militer Iran terhadap pasukan AS di kawasan.
 
Baca:Ketegangan dengan Iran Meningkat, AS Kerahkan Sistem Misil
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif