Kapal USS Arlington. (Foto: AFP/Getty)
Kapal USS Arlington. (Foto: AFP/Getty)

Ketegangan dengan Iran Meningkat, AS Kerahkan Sistem Misil

Internasional amerika serikat nuklir iran iran
Willy Haryono • 11 Mei 2019 08:05
Washington: Amerika Serikat mengirim sistem misil pertahanan udara dan sebuah kapal perang ke Timur Tengah di tengah meningkatnya ketegangan dengan Iran.
 
Kapal USS Arlington, yang mengangkut kendaraan amfibi dan juga pesawat, akan bergabung dengan USS Abraham Lincoln di Teluk Arab. Kementerian Pertahanan AS atau Pentagon mengatakan pesawat pengebom B-52 juga telah tiba di sebuah pangkalan militer di Qatar.
 
Pentgon mengatakan pengiriman ini merupakan respons terhadap kemungkinan adanya operasi militer Iran terhadap pasukan AS di kawasan.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


AS tidak menyebutkan secara mendetail mengenai seperti apa ancaman yang dimaksud. Iran menegaskan bahwa pernyataan AS hanya sebuah omong kosong, dan menilai pengerahan pasukan hanya sebagai bentuk "perang psikologis."
 
Jumat pekan kemarin, Pentagon mengatakan AS tidak berniat mencari gara-gara dengan Iran. Namun Washington menegaskan "siap mempertahankan pasukan dan kepentingan AS di kawasan."
 
"Kementerian Pertahanan terus mengawasi ketat aktivitas rezim Iran," ungkap Pentagon, dikutip dari laman BBC, Sabtu 11 Mei 2019.
 
Ditambahkan bahwa sistem Patriot -- yang dapat menghalau milis jenis balistik, jelajah dan juga pesawat canggih -- telah dikerahkan ke kawasan untuk mengantisipasi serangan (dari Iran).
 
Minggu 5 Mei, Penasihat Keamanan AS John Bolton mengatakan pengiriman perangkat militer ke kawasan akan "mengirimkan pesan jelas" kepada rezim Iran bahwa segala jenis serangan terhadap NEgeri Paman Sam di kawasan akan "direspons dengan kekuatan."
 
Pusat Komando AS mengatakan USS Abraham Lincolon telah melewati Terusan Suez pada Kamis kemarin.
 
Baca:AS Kirim Armada ke Timteng sebagai 'Pesan' untuk Iran
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif