Pendiri WikiLeaks Julian Assange. (Foto: AFP)
Pendiri WikiLeaks Julian Assange. (Foto: AFP)

Bos WikiLeaks Dijatuhi Hukuman Penjara Selama 50 Pekan

Internasional wikileaks
Marcheilla Ariesta • 02 Mei 2019 09:01
London: Pendiri WikiLeaks, Julian Assange, dijatuhi hukuman 50 pekan penjara oleh pengadilan Inggris. Dia dianggap melanggar perintah pengadilan Inggris tujuh tahun lalu, ketika ia mengungsi ke Kedutaan Besar Ekuador di London untuk menghindari ekstradisi ke Swedia.
 
Pria Australia itu ditangkap pada 11 April. Dia akan ditahan sekitar satu tahun sembari berusaha melawan percobaan ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).
 
Assange melarikan diri ke Kedubes Ekuador pada 2012, setelah seorang hakim Inggris memerintahkan ekstradisinya terkait tuduhan pelecehan seksual dan pemerkosaan di Swedia. Ia terus membantah tuduhan tersebut.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia mengklaim tuduhan pelecehan dan pemerkosaan adalah dalih untuk memindahkannya ke Negeri Paman Sam. Di AS, Assange khawatir akan dituntut atas pembocoran jutaan dokumen rahasia di situs WikiLeaks.
 
Dalam sidang hukuman, pengacaranya Assange, Mark Summers, mengatakan kliennya dicekam ketakutan atas wacana ekstradisi ke AS.
 
"Berbagai ancaman dari Amerika terus menghujani klien saya," kata Summers, dilansir dari laman AFP, Rabu 1 Mei 2019.
 
Dalam sebuah surat yang dibacakan atas namanya, Assange mengaku menyesal. "Saya melakukan apa yang saya pikir pada saat itu adalah yang terbaik, atau mungkin satu-satunya hal yang bisa saya lakukan," tutur Assange.
 
Saat ini sudah tidak ada lagi penyelidikan aktif di Swedia, dan permintaan ekstradisi Assange ke negara tersebut telah berakhir.
 
Namun, Assange menghadapi permintaan ekstradisi ke AS, yang terungkap ke media usai penangkapannya yang berlangsung dramatis di London. Saat ditangkap, ia sempat diseret petugas dan berteriak-teriak di area Kedubes Ekuador.
 
Baca:Julian Assange Terancam Diekstradisi ke AS
 

(WIL)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif