Presiden Brasil Lula da Silva curiga pada polisi terkait demo pendukung Bolsonaro./AFP
Presiden Brasil Lula da Silva curiga pada polisi terkait demo pendukung Bolsonaro./AFP

Presiden Brasil Curiga Polisi Biarkan Pendukung Bolsonaro Serbu Istana

Marcheilla Ariesta • 10 Januari 2023 21:55
Brasilia: Presiden Brasil Luiz Inacio Lula da Silva menduga polisi Brasil membiarkan demonstran pendukung eks presiden Jair Bolsonaro menyerbu istana kepresidenan. Tak hanya itu, pedemo juga menyerbu gedung Mahkamah Agung dan Kongres.
 
Dugaan ini mencuat ketika sejumlah pihak mempertanyakan alasan kepolisian dan intelijen bisa kebobolan informasi mengenai pergerakan para demonstran pada akhir pekan lalu.
 
"Kepolisian mengabaikan (ancaman serangan). Intelijen Brasilia juga mengabaikannya," kata Lula dikutip dari CNN, Selasa, 10 Januari 2023.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia curiga ada 'kerja sama diam-diam' antara polisi dan pedemo. Buktinya, kata Lula, terlihat di cuplikan berbagai video yang memperlihatkan polisi berbicara kepada para demonstran.
 
Rupanya, kecurigaan ini tak hanya disampaikan Lula. Sejumlah menteri dalam kabinetnya pun berpikiran sama, termasuk Menteri Komunikasi Kepresidenan Brasil, Paulo Pimenta.
 
Baca juga: Lula Kutuk Penyerbuan Kongres Brasil, Perintahkan Intervensi Militer
 
Menurutnya, insiden besar seperti pada Minggu lalu itu tak mungkin terjadi jika tidak ada "fasilitasi di tingkatan tertentu."
 
Ia kemudian menyoroti pintu utama menuju gedung Kongres dan istana kepresidenan yang tak rusak ketika demonstran datang berduyun-duyun.
 
Sementara itu, para pejabat dan pihak berwenang Brasil menegaskan, mereka akan memburu para demonstran yang menyerbu dan merusak gedung pemerintahan tersebut. Hakim Mahkamah Agung Brasil, Alexandre de Moraes, juga sudah menghentikan sementara Gubernur Distrik Federal Brasil, Ibaneis Rocha, selama tiga bulan.
 
Dikenal sebagai sekutu Bolsonaro, Rocha sudah beberapa waktu menjadi gubernur distrik federal, yang wilayah kekuasaannya mencakup ibu kota Brasilia.
 
Jangan lupa ikuti update berita lainnya dan follow akun google news Medcom.id
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif