Foto dari Dinas Pemadam Kebakaran Hutan British Columbia memperlihatkan kebakaran hutan di British Columbia, Kanada pada 29 Juni 2021. (BC Wildfire Service/AFP)
Foto dari Dinas Pemadam Kebakaran Hutan British Columbia memperlihatkan kebakaran hutan di British Columbia, Kanada pada 29 Juni 2021. (BC Wildfire Service/AFP)

Kanada Berjuang Padamkan Lebih dari 170 Titik Kebakaran Hutan

Internasional kebakaran hutan cuaca ekstrem gelombang panas kanada
Willy Haryono • 04 Juli 2021 15:02
Ottawa: Kanada berjuang keras memadamkan lebih dari 170 titik kebakaran hutan di wilayah selatan yang diperparah sambaran ratusan petir di tengah gelombang panas. Pemerintah pusat Kanada di Ottawa memperingatkan bahwa musim panas tahun ini akan terasa begitu "lama dan menantang."
 
Saat ini setidaknya 174 titik api di provinsi British Columbia (BC), dengan 78 di antaranya baru berkobar dalam dua hari terakhir. Sebagian besar titik api itu muncul akibat sambaran petir.
 
Banyak dari titik api itu berlokasi di utara kota Kamloops, sekitar 350 kilometer dari Vancouver.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kami mencatat ada 12 ribu sambaran petir kemarin," kata Cliff Chapman, direktur operasional Dinas Pemadam Kebakaran Hutan British Columbia, dilansir dari laman TRT World pada Minggu, 4 Juli 2021.
 
"Banyak dari petir itu menyambar dekat permukiman warga, termasuk juga di area Kamloops," sambungnya.
 
Baca:  Pesawat Militer Bantu Padamkan 143 Titik Kebakaran Hutan di Kanada
 
Sementara itu, gelombang panas di Kanada dalam beberapa hari terakhir dikabarkan telah menewaskan lebih dari 700 orang. Namun sejauh ini, Pemerintah Kanada belum merilis angka resminya.
 
Secara global, temperatur terpanas tercatat di beberapa negara sepanjang 2019. Salah satu negara tersebut adalah Kanada.
 
"Kondisi kering dan panas ekstrem di British Columbia belum pernah terjadi sebelumnya," kata Menteri Keselamatan Publik Bill Blair pada Jumat kemarin.
 
"Kebakaran hutan ini memperlihatkan kepada kita bahwa musim panas tahun ini akan berlangsung lama dan menantang," sambungnya.
 
Jumat kemarin, Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau telah bertemu dengan sebuah grup respons insiden, yang di dalamnya meliputi menteri. Mereka semua membicarakan mengenai respons pemerintah pusat dan daerah terhadap kebakaran hutan di British Columbia.
 
"Kami akan berada di sana untuk membantu," tutur Trudeau kepada awak media.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif