PM Australia Scott Morrison berbicara di KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Ian Forsyth / POOL / AFP)
PM Australia Scott Morrison berbicara di KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia, 1 November 2021. (Ian Forsyth / POOL / AFP)

PM Australia Tak Terima Dituduh Berbohong kepada Prancis

Internasional Australia prancis Emmanuel Macron Scott Morrison AUKUS Kapal Selam AUKUS
Willy Haryono • 02 November 2021 11:45
Glasgow: Hari Minggu kemarin, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengklaim telah mengetahui bahwa Perdana Menteri Australia Scott Morrison berbohong kepadanya mengenai perjanjian pembelian kapal selam. Satu hari setelahnya, PM Morrison membantah dirinya telah berbohong kepada Prancis.
 
Ia juga tak terima dengan pemilihan kata-kata Macron yang dianggapnya sebagai sebuah hinaan atau cercaan.
 
"Saya memiliki bahu yang lebar, jadi saya bisa menghadapi (tuduhan Prancis)," kata PM Morrison kepada awak media di sela-sela KTT COP26 di Glasgow, Skotlandia pada Senin kemarin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Tapi kata-kata cercaan itu. Mewakili masyarakat Australia, saya tidak bisa menerimanya," sambung dia, dilansir dari rnz.co.nz, Selasa, 2 November 2021.
 
Baca:  Macron: PM Australia Berbohong Terkait Kapal Selam
 
September lalu, Australia membatalkan perjanjian kapal selam senilai USD37 juta dengan Prancis. Alih-alih mendatangkan kapal selam dari Prancis, Australia memilih menyepakati pakta pertahanan AUKUS dengan Amerika Serikat dan Inggris.
 
Salah satu poin dalam AUKUS adalah pengembangan teknologi kapal selam bertenaga nuklir dari AS dan Inggris kepada Australia. Prancis marah besar saat AUKUS diumumkan.
 
Paris menuduh Canberra telah secara sepihak membatalkan perjanjian kapal selam. Prancis sempat menarik duta besarnya dari Australia dan AS.
 
Macron dan PM Morrison bertemu di sela-sela KTT G20 di Roma beberapa hari lalu. Itu adalah pertemuan pertama mereka sejak kisruh AUKUS.
 
Saat ditanya apakah dirinya merasa PM Morrison berkata tidak jujur, Macron menjawab: "Bukan merasa lagi, tapi saya tahu (Morrison berbohong)."
 
Kepada sekelompok jurnalis Australia di Roma, Macron mengatakan bahwa dirinya, "sangat menghormati negara kalian."
 
"Saat kami memberikan penghormatan, maka Anda harus jujur dan berperilaku secara konsisten dengan nilai-nilai itu," sambungnya.
 
Berbicara di Glasgow, PM Morrison menegaskan dirinya tidak ingin menjadikan kisruh kapal selam dengan Prancis ini menjadi masalah pribadi. Ia mengakui bahwa Prancis sudah sewajarnya marah atas permasalahan ini.
 
Namun ia menegaskan dirinya telah menjelaskan kekhawatiran Australia mengenai kontrak kapal selam dengan Macron pada Juni lalu.
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif