Dengan mengusung tema Indonesia Spice Up The World (ISUTW), sebanyak 20 perusahaan industri mamin buatan Indonesia pamerkan produk terbaiknya, mulai dari aneka rempah, kopi, teh, minyak kelapa sampai bahan makanan dari rumput laut dan buah-buahan.
Selama 5 hari, Indonesia akan bersaing dengan 7.200 peserta pameran dari 119 negara di Pusat Pameran terbesar di Prancis, Parc des Expositions Paris Nord Villepinte.
"Sudah saatnya produk unggulan buatan Indonesia masuk ke pasar global. Untuk itu, perlu dipastikan adanya peningkatan mutu, produktivitas, serta pemenuhan standar, syarat dan ketentuan yang berlaku untuk dapat bersaing, khususnya di Prancis," kata Duta Besar RI untuk Prancis, Mohamad Oemar dalam siaran pers KBRI Paris, Senin, 17 Oktober 2022.
Kolaborasi antar Kementerian dan Lembaga, serta swasta merupakan resep kesuksesan kegiatan promosi produk Indonesia di mancanegara. Keikutsertaan Indonesia pada pameran SIAL Paris ini merupakan hasil kolaborasi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Paris, Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perdagangan serta puluhan pelaku usaha sektor mamin asal Indonesia.
Baca juga: Hadapi Perubahan Iklim, Indonesia-Prancis Sepakat Dorong Transisi Energi
Salon International de l’Alimentation de Paris atau lebih dikenal dengan nama SIAL Paris merupakan ajang pameran produk mamin terbesar di Prancis yang rutin diadakan setiap tahun. Stan Indonesia berada di hall 8 dan menempati area sebesar 202 meter persegi.
Pada kegiatan pameran ini, pengunjung pameran dapat mengunjungi stan Indonesia dan mencicipi serta mengenal beragam produk makanan dan minuman unggulan yang ditawarkan oleh Indonesia.
Dalam rangka percepatan pemulihan ekonomi pasca pandemi, KBRI Paris mendukung kampanye ISUTW dengan memperkenalkan aneka produk rempah dan mamin buatan Indonesia melalui berbagai kegiatan promosi di Prancis. Keikutsertaan Indonesia dalam ajang pameran SIAL Paris yang bergengsi ini, diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri dan dapat memotivasi rekan-rekan pegiat UMKM untuk dapat bersaing menembus pasar global.
Selain itu, melalui kegiatan promosi ini diharapkan pula dapat lebih mengenalkan produk-produk unggulan Indonesia di bidang food & beverage.
Kementerian Pertanian dan Ketahanan Pangan Prancis mempublikasikan panorama industri mamin di Prancis pada kesempatan SIAL Paris 2022. Dokumen ini memberikan gambaran umum mengenai kondisi sektor mamin Prancis yang terdiri dari 16.000 perusahaan yang memperkerjakan sekitar 440.000 pegawai di seluruh dunia termasuk di Indonesia, melalui perusahaan seperti Danone.
Impor produk makanan ke Prancis secara umum terus meningkat sehingga membuka peluang bagi produk makanan dan minuman buatan Indonesia untuk menggaet konsumen Prancis.
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News