Pemandangan salah satu sudut kota Kiev, Ukraina. (Sergei GAPON / AFP)
Pemandangan salah satu sudut kota Kiev, Ukraina. (Sergei GAPON / AFP)

Situasi Ukraina Relatif Kondusif, WNI Diminta Tetap Waspada

Willy Haryono • 15 Februari 2022 20:55
Kiev: Situasi di Ukraina hari ini secara umum relatif normal, terlepas dari kekhawatiran adanya potensi invasi militer Rusia. Kekhawatiran ini didasarkan pada penumpukan jumlah prajurit Rusia di dekat perbatasan Ukraina.
 
Berdasarkan pantauan KBRI Kiev per hari ini, kondisi di Ukraina relatif kondusif. Warga setempat terlihat tetap tenang, tidak ada aktivitas belanja berlebihan (panic buying), atau aksi mengambil uang di bank secara serentak.
 
"Kami memantau ada beberapa Perwakilan Asing di Ukraina yang mengimbau warganya yang tidak memiliki kepentingan mendesak untuk dapat kembali pulang. Namun hal tersebut masih sebatas imbauan," kata Direktur Perlindungan WNI dan Badan Hukum Indonesia (PWNI dan BHI) Kementerian Luar Negeri, Judha Nugraha, dalam keterangan tertulis yang diterima Medcom.id, Selasa, 15 Februari 2022.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Hingga hari ini, tidak ada Perwakilan Asing yang secara aktif mengevakuasi warganya keluar dari Ukraina," lanjut dia.
 
Berdasarkan data KBRI Kiev, saat ini terdapat 138 warga negara Indonesia (WNI) di Ukraina. Angka ini turun dari jumlah sebelumnya, yaitu 148 orang.
 
Sebagian WNI yang melakukan perjalanan sementara ke Ukraina telah pulang ke Indonesia. 
 
KBRI Kiev terus menjalin komunikasi dengan para WNI. Saat ini, para WNI di Ukraina berada dalam kondisi aman, sehat dan tenang.
 
Kendati begitu, KBRI Kiev tetap mengimbau mereka semua agar tetap waspada dan selalu memantau infomasi resmi yang disampaikan otoritas setempat. Jika terdapat kondisi mendesak, para WNI diminta segera menghubungi hotline KBRI Kiev di Nomor WhatsApp +380 503347917.
 
Kondusifnya situasi Kiev hari ini sedikit banyak dipengaruhi langkah Rusia yang mulai menarik sebagian pasukannya dari dekat perbatasan Ukraina.
 
Baca:  Rusia Tarik Sebagian Pasukannya dari Dekat Perbatasan Ukraina
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif