Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah acara di Moskow pada 19 Juni 2021. (Sergei KARPUKHIN / Sputnik / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah acara di Moskow pada 19 Juni 2021. (Sergei KARPUKHIN / Sputnik / AFP)

Putin Tegaskan Rusia Terus Kembangkan Vaksin Baru Covid-19

Internasional Virus Korona vladimir putin rusia vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Sputnik V Vaksin Slank untuk Indonesia
Willy Haryono • 20 Juni 2021 09:40
Moskow: Jajaran ilmuwan Rusia terus mengembangkan sejumlah vaksin dan obat-obatan terbaru untuk melawan Covid-19, ucap Presiden Vladimir Putin dalam pernyataannya di Hari Pekerja Medis.
 
"Tujuan kami akan memfokuskan segala upaya dan sumber daya untuk melindungi masyarakat dari virus korona dan dampak-dampaknya," tutur Putin, dalam keterangan yang dimuat di situs Kremlin pada Minggu, 20 Juni 2021.
 
"Pertama-tama, merupakan hal penting untuk meningkatkan laju vaksinasi. Kita semua perlu melakukan ini," sambung dia, dikutip dari laman Tass.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Rusia memiliki empat vaksin buatan dalam negeri, sementara sejumlah vaksin dan obat-obatan terbaru masih dalam fase pengembangan," ungkap Putin.
 
Saat ini ada empat vaksin Covid-19 yang terdaftar di Rusia. Keempat vaksin itu adalah Sputnik V dan Sputnik Light buatan Gamaleya National Research Center for Epidemiology and Microbiology; EpiVacCorona dari Vector State Scientific Center of Virology and Biotechnology; dan CoviVac milik Chumakov Federal Scientific Center.
 
Baca:  Warga Moskow yang Sudah Divaksinasi Berkesempatan Raih Hadiah Mobil
 
Pemerintah Rusia telah mengalokasikan lebih dari 350 miliar ruble (setara Rp69,3 triliun) untuk pembayaran insentif ekstra bagi tenaga kesehatan yang menangani pandemi Covid-19. Putin menegaskan dana insentif ini akan terus disalurkan kepada mereka.
 
Menurut Putin, remunerasi bagi tenaga kesehatan merupakan hal yang sangat penting. Selama pandemi, Rusia fokus mendukung kebutuhan para dokter, perawat, dan tim medis lainnya yang menangani langsung pasien Covid-19.
 
"Secara keseluruhan, hampir 1,2 pekerja medis telah menerima bayaran khusus. Lebih dari 350 miliar ruble telah dialokasikan untuk itu," sebut Putin. "Saya tegaskan lagi, bahwa pembayaran seperti ini akan terus berlanjut ke depannya."
 
Putin menambahkan bahwa "kerja keras" para tenaga kesehatan, terutama di masa pandemi, merupakan sesuatu yang tak tergantikan sehingga harus dibalas dengan kompensasi pembayaran yang setimpal.

Vaksin Slank untuk Indonesia

Dalam upaya mendukung vaksinasi di Tanah Air, Media Group bersama Slank menggelorakan kampanye sosial bertajuk "Vaksin untuk Indonesia". Kampanye ini adalah upaya untuk bersama-sama bangkit dari pandemi dan memupuk optimisme menuju normal baru dengan terus menjaga kesehatan fisik dan mental. Vaksin dalam tajuk ini bukan saja berarti "obat" atau "anti-virus", tetapi juga upaya untuk menguatkan kembali mental dan spirit kita di tengah kesulitan akibat pandemi.
 
"Slank dan Media Group bikin gerakan yang bertema 'Vaksin untuk Indonesia'. Berharap lewat musik dan dialog, acara ini bisa menyemangati dampak pandemi yang mengenai kehidupan kita, supaya tetap semangat. Kita hibur supaya senang, supaya imun kita naik juga. Mengajak masyarakat untuk jangan takut untuk divaksin. Ini salah satu solusi untuk lepas dari pandemi," terang drummer Slank, Bimo Setiawan Almachzumi alias Bimbim.
 
Program "Vaksin untuk Indonesia" tayang di Metro TV setiap hari Jumat, pukul 20:05 WIB. Dalam tayangan ini, Slank bukan saja menyuguhkan musik semata, tetapi juga menampilkan perjalanan ke sejumlah tempat dan berinteraksi dengan masyarakat dari berbagai latar belakang sosial.
 
 
 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif