Pesawat maskapai Sriwijaya Air. (MI)
Pesawat maskapai Sriwijaya Air. (MI)

Turki dan Pakistan Turut Berduka atas Tragedi Sriwijaya Air

Internasional Sriwijaya Air Jatuh Sriwijaya Air Hilang Kontak Pesawat Sriwijaya Air Sriwijaya Air SJ182 Sriwijaya Air Indonesia
Willy Haryono • 10 Januari 2021 08:32
Ankara: Pemerintah Turki mengucapkan belasungkawa atas tragedi jatuhnya pesawat maskapai Sriwijaya Air di perairan Kepulauan Seribu pada Sabtu petang kemarin. Pesawat dengan nomor penerbangan SJ 182 itu hilang kontak pada pukul 14.40 WIB, sebelum kemudian dinyatakan jatuh dalam konferensi pers gabungan pada malam hari.
 
Posisi terakhir pesawat itu ada di 11 mil laut di utara Bandara Soekarno Hatta, tepatnya di sekitar Pulau Laki, Kepulauan Seribu. 
 
"Kami merasa sedih saat mengetahui sebuah pesawat yang terbang dari Jakarta ke kota Pontianak jatuh tak lama usai lepas landas, dan berujung pada tewasnya lebih dari 60 orang," ucap Kementerian Luar Negeri Turki melalui laman Twitter pada Sabtu, 9 Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Semoga Allah SWT mengampuni mereka yang meninggal dalam kecelakaan tragis ini," sambungnya.
 
Pesawat SJ182 tercatat hendak menambah ketinggian dari 11 ribu ke 13 ribu kaki, sebelum terpantau kehilangan ketinggian dengan sangat cepat. Pesawat jenis 737-500 itu mengangkut total 62 orang, yakni 50 penumpang dan 12 kru.
 
Pakistan juga turut mengucapkan belasungkawa atas tragedi Sriwiaya Air. "Kami menyampaikan simpati dan belasungkawa atas hilangnya begitu banyak nyawa dalam kecelakaan tragis Sriwijaya Air SJ 182 yang terbang dari Jakarta ke Pontianak," sebut Kemenlu Pakistan di Twitter.
 
"Kami menyampaikan belasungkawa kepada keluarga korban, masyarakat, dan juga pemerintah Indonesia," lanjutnya.
 
Baca:  Basarnas Serahkan Serpihan Pesawat Sriwijaya Air SJ 182 kepada DVI Polri
 
Dalam konferensi pers pada Minggu ini, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menyebut titik jatuh pesawat  Sriwijaya Air SJ 182 ditemukan. Pesawat itu kandas di Kepulauan Seribu.
 
Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menyebut posisi Sriwijaya Air SJ 182 ada di koordinat terakhir pesawat itu kontak dengan otoritas penerbangan. Sinyal pesawat terdeteksi di lokasi itu. 
 
(WIL)



FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif