Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, titik terang pandemi sudah terlihat, namun krisis belum berakhir./AFP
Dirjen WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan, titik terang pandemi sudah terlihat, namun krisis belum berakhir./AFP

Waspada! Kata WHO Krisis Covid-19 Belum Berakhir

Marcheilla Ariesta • 23 September 2022 21:54
Jenewa: Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus menegaskan, meskipun akhir pandemi covid-19 sudah dekat, namun krisis masih terus ada. Ia menyampaikannya di Sidang Majelis Umum PBB.
 
Tedros tampak kurang optimis. "Kita mampu melihat akhir, tidak berarti kita berada di akhir (pandemi)," katanya, dilansir dari AFP, Jumat, 23 September 2022.
 
Dia menegaskan kembali bahwa dunia berada dalam posisi terbaik yang pernah ada untuk mengakhiri pandemi, dengan jumlah kematian mingguan terus menurun - dan sekarang hanya 10 persen dari puncaknya pada Januari 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Tedros menunjukkan bahwa dua pertiga populasi dunia telah divaksinasi, termasuk tiga perempat petugas kesehatan dan orang tua.
 
"Kami telah menghabiskan dua setengah tahun di terowongan yang panjang dan gelap, dan kami baru saja mulai melihat cahaya di ujung terowongan itu," katanya.
 
"Tapi itu masih jauh, terowongannya masih gelap. Masih banyak rintangan yang bisa membuat kita jatuh jika tidak berhati-hati," sambungnya.
 
Baca juga: WHO: Akhir Pandemi Covid-19 Sudah di Depan Mata
 
Dalam pembaruan epidemiologi terbaru, WHO mengatakan lebih dari 9.800 kematian dilaporkan minggu lalu, turun 17 persen dari minggu sebelumnya, sementara 3,2 juta kasus baru dilaporkan.
 
Badan kesehatan PBB telah memperingatkan bahwa penurunan jumlah kasus yang dilaporkan menipu, karena banyak negara telah mengurangi pengujian dan mungkin tidak mendeteksi kasus yang kurang serius.
 
Pekan lalu, Tedros mengatakan kasus covid-19 dunia turun ke level terendah sejak Maret 2020. "Kami tidak pernah berada dalam posisi yang lebih baik untuk mengakhiri pandemi ini," kata Tedros.
 
"Kami belum sampai di sana, tetapi akhir sudah di depan mata. Tetapi dunia perlu melangkah untuk merebut kesempatan ini,” imbuh Tedros.
 
Setelah itu, Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengaku yakin bahwa pandemi Covid-19 sudah 'berakhir'. "Pandemi sudah berakhir. Tapi kita semua masih memiliki masalah dengan Covid. Kita masih melakukan banyak upaya terkait Covid, tapi pandemi sudah berakhir," ungkap Biden.
 
(FJR)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif