PLTN Zaporizhzhia terlihat di kejauhan dari Nikopol, Ukraina, 27 April 2022. (Ed JONES / AFP)
PLTN Zaporizhzhia terlihat di kejauhan dari Nikopol, Ukraina, 27 April 2022. (Ed JONES / AFP)

PLTN Zaporizhzhia Terkena Serangan, Rusia dan Ukraina Saling Menyalahkan

Willy Haryono • 07 Agustus 2022 09:44
Zaporizhzhia: Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir di Zaporizhzhia, PLTN terbesar di Eropa, terkena serangan pada Jumat kemarin. Rusia dan Ukraina saling menyalahkan atas serangan tersebut.
 
Agensi Nuklir Ukraina, Enerhoatom, mengatakan bahwa beberapa roket Rusia telah merusak sebagian PLTN Zaporizhzhia. Tidak ada kebocoran radiasi usai terjadinya serangan.
 
Dikutip dari BBC, Sabtu, 6 Agustus 2022, Enerhoatom mengatakan serangan telah merusak unit nitrogen-oksigen dan jaringan listrik bervoltase tinggi di PLTN Zaporizhzhia, yang berlokasi di Ukraina namun diduduki pasukan Rusia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Enerhoatom mengatakan "ada risiko kebocoran hidrogen dan menyebarnya partikel radioaktif" akibat serangan tersebut.
 
"Bahaya kebakaran cukup tinggi. Sejauh ini belum ada laporan korban jiwa," sebut Enerhoatom.
 
Rusia menguasai PLTN Zaporizhzhia pada Maret lalu, dan tetap mempekerjakan masyarakat lokal di situs tersebut. PLTN tersebut berlokasi di kota Enerhodar.
 
Baca:  Ukraina: Pasukan Rusia Kuasai PLTN Zaporizhzhia
 
Menurut keterangan beberapa pejabat lokal yang ditunjuk Rusia, serangan di PLTN Zaporizhzhia merupakan ulah Ukraina. Mereka mengatakan pasukan Ukraina telah dua kali menyerang PLTN Zaporizhzhia sepanjang Jumat kemarin "dari seberang (sungai) Dnieper."
 
"Serangan kelompok nasionalis mendarat di situs industri PLTN," ujar keterangan para pejabat lokal di PLTN Zaporizhzhia.
 
Hingga saat ini belum diketahui pasti ada berapa banyak jaringan kelistrikan yang masih beroperasi di PLTN Zaporizhzhia. Klaim bertolak belakang dari Rusia dan Ukraina mengenai serangan di PLTN Zaporizhzhia belum dapat diverifikasi secara independen.
 
(WIL)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif