Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah acara di Moskow pada Sabtu, 27 Maret 2021. (Mikhail KLIMENTYEV / Sputnik / AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin dalam sebuah acara di Moskow pada Sabtu, 27 Maret 2021. (Mikhail KLIMENTYEV / Sputnik / AFP)

Putin Sebut Rusia Dapat Mencapai Herd Immunity pada Musim Panas

Internasional Virus Korona vladimir putin rusia vaksin covid-19 Vaksinasi covid-19 Vaksin Sputnik V
Willy Haryono • 29 Maret 2021 08:44
Moskow: Presiden Vladimir Putin mengatakan bahwa Rusia dapat mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity terhadap Covid-19 pada akhir musim panas tahun ini. Jika laju vaksinasi Covid-19 terus berlanjut seperti saat ini, ucap Putin, maka 70 persen orang dewasa di Rusia sudah selesai divaksinasi pada akhir musim panas.
 
"Dan ambang batas herd immunity pun tercapai," kata Putin dalam sebuah program televisi lokal, dikutip dari laman Xinhua pada Senin, 29 Maret 2021.
 
Sebelumnya Putin berkata bahwa 6,3 juta warga Rusia telah menerima dosis pertama vaksin Covid-19 buatan dalam negeri, sementara 4,3 juta lainnya sudah dua kali divaksinasi sejak awal Desember 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Putin telah menerima dosis pertama vaksin domestik pada Selasa kemarin. Berbeda dari beberapa pemimpin negara lain, Putin tidak divaksinasi di depan sorot kamera.
 
Ia mengatakan tiga vaksin domestik Rusia, yakni Sputnik V, EpiVacCorona, dan CoviVac, "efektif, dapat diandalkan, dan aman." Ia juga mengaku tidak merasakan efek samping apapun saat divaksinasi.
 
Baca:  Uni Eropa Didesak Hati-hati Beri Izin Vaksin Covid-19 Rusia
 
Moskow tidak menyebutkan vaksin apa yang digunakan Putin. "Tujuan kami adalah menunjukkan bahwa ketiga vaksin Rusia dapat diandalkan, sangat baik, dan efektif," ucap juru bicara kepresidenan Rusia, Dmitry Peskov.
 
Putin pernah berbicara kepada jajaran editor berita Rusia bahwa dirinya tidak mau divaksinasi di depan sorot kamera televisi. Pernyataan tersebut mengejutkan banyak orang karena selama ini Putin dikenal sering terlihat dalam berbagai foto.
 
Anak perempuan Putin sudah pernah mengikuti uji klinis vaksin Sputnik V. Sejumlah pihak merasa heran mengapa Putin tidak memperlihatkan dirinya divaksinasi meski selama ini begitu merekomendasikan Sputnik V.
 
Berdasarkan data terbaru Johns Hopkins University pada Senin ini, total kasus Covid-19 di Rusia telah melampaui 4,4 juta dengan 96 ribu lebih kematian dan 4.092.015 pasien sembuh.

 
(WIL)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif