Prancis akan umumkan susunan kabinet baru hari ini, Jumat, 20 Mei 2022./AFP
Prancis akan umumkan susunan kabinet baru hari ini, Jumat, 20 Mei 2022./AFP

Prancis akan Umumkan Susunan Pemerintahan yang Baru

Marcheilla Ariesta • 20 Mei 2022 18:39
Paris: Prancis akan mengumumkan susunan pemerintahan baru mereka pada hari ini, Jumat, 20 Mei 2022. Kantor kepresidenan mengatakan, kabinet baru ini akan bertemu pada Senin pekan depan.
 
"Susunan kabinet baru akan diumumkan hari ini dan akan bertemu pada Senin, 23 Mei 2022," kata kantor kepresidenan Prancis, dilansir dari AFP.
 
Pengumuman itu muncul empat hari setelah Elisabeth Borne, menteri tenaga kerja yang akan keluar, diangkat sebagai perdana menteri. 

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia menjadi perempuan pertama yang memimpin pemerintah Prancis dalam lebih dari 30 tahun terakhir.
 
Baca juga: Pertama dalam 30 Tahun, Perempuan akan Jadi PM Baru Prancis
 
Perombakan pemerintah secara luas diperkirakan terjadi setelah pemilihan kembali Presiden Emmanuel Macron April lalu. Dan juga menjelang pemilihan legislatif bulan depan.
 
Macron yang berhaluan tengah akan membutuhkan mayoritas legislatif untuk mendorong agenda domestiknya setelah terpilih kembali. Ia dihadang aliansi sayap kiri baru dan sayap kanan yang mengancam memblokir programnya.
 
Sementara itu, perdana menteri perempuan terakhir Prancis adalah Edith Cresson. Ia secara singkat memimpin kabinet dari Mei 1991 hingga April 1992 di era Presiden Francois Mitterrand.
 
Borne, 61, dipandang sebagai seorang teknokrat yang cakap yang dapat bernegosiasi secara bijaksana dengan serikat pekerja. Penunjukkannya dilakukan saat presiden memulai paket reformasi sosial baru yang mencakup kenaikan usia pensiun yang berisiko memicu protes.
 
(FJR)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif